Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Deklarasi Darurat Covid-19 di Jepang Sulit Dibatalkan pada Batas Waktu 11 Mei 2021

Profesor Omi menjelaskan bahwa deklarasi yang dikeluarkan pada tanggal 25 April "dianggap sulit" untuk dibatalkan pada batas waktu tanggal 11 Mei 2021

Deklarasi Darurat Covid-19 di Jepang Sulit Dibatalkan pada Batas Waktu 11 Mei 2021
Foto Jiji
Profesor Shigeru Omi, ketua subkomite pengendalian infeksi virus corona pemerintah Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Profesor Shigeru Omi, ketua subkomite pengendalian infeksi virus corona pemerintah Jepang, mengatakan status darurat Covid-19 yang diterapkan saat ini setara dengan "Tahap 2", dari indeks empat tahap.

"Oleh karena itu deklarasi darurat ini (PSBB) akan segera dilepaskannya saat suasana sudah kembali tenang," papar Profesor Omi pada program NHK, Minggu (9/5/2021).

Penyebab munculnya PSBB adalah karena penyebaran virus mutan yang sangat menular. Deklarasi akan diperluas kepada 6 prefektur pada tanggal 12 Mei mendatang hingga 31 Mei 2021.

Profesor Omi menjelaskan bahwa deklarasi yang dikeluarkan pada tanggal 25 April "dianggap sulit" untuk dibatalkan pada batas waktu tanggal 11 Mei 2021.

"Kalau segera dilepaskan, akan terjadi hal yang sama (penularan infeksi). Kesabaran itu sangat penting saat ini," ujarnya.

Baca juga: Hari Ini Jepang Mencapai Suhu Terpanas di Tahun 2021

Yasutoshi Nishimura, Menteri Revitalisasi Ekonomi, menekankan dalam program yang sama, "Saya tidak bisa melanjutkan keadaan darurat setiap saat. Saya ingin melihat apakah syarat untuk tidak membuat gelombang besar (menular) berikutnya terpenuhi."

Dia menegaskan kembali bahwa pemerintah akan meminta perusahaan untuk menerapkan bekerja dari rumah (telework) secara menyeluruh.

"Kami terutama akan meminta perusahaan besar untuk mengungkapkan (status implementasi) jadwal masuk para karyawannya," kata dia.

Sementara itu upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang nantinya. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Ikuti kami di
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas