Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Israel Serang Jalur Gaza

Perindo: Serangan Israel ke Palestina Itu Pelanggaran Berat

"Penyerangan Israel terhadap Masjid Al-Aqsa adalah sebuah pelanggaran berat," ujar Rofiq, Sabtu (15/5/2021).

Perindo: Serangan Israel ke Palestina Itu Pelanggaran Berat
MAJDI FATHI / NurPhoto / NurPhoto via AFP
Asap tebal membubung dari Menara Jala saat dihancurkan dalam serangan udara Israel di kota Gaza yang dikendalikan oleh gerakan Hamas Palestina, pada 15 Mei 2021. Angkatan udara Israel menargetkan Menara Jala 13 lantai yang menampung media Al-Jazeera yang berbasis di Qatar dan kantor berita Associated Press. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menilai serangan Israel ke Palestina sebagai bentuk pelanggaran, sehingga Perindo mengecam keras aksi serangan Israel terhadap masyarakat sipil Palestina dan menyerukan 4 rekomendasi perdamaian.

Sekjen DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq menegaskan serangan brutal Israel tersebut telah merugikan hak-hak sipil rakyat Palestina dan memakan banyak korban dari rakyat Palestina.

"Penyerangan Israel terhadap Masjid Al-Aqsa adalah sebuah pelanggaran berat," ujar Rofiq, Sabtu (15/5/2021).

Rofiq menjelaskan Masjid Al-Aqsa telah ditetapkan badan pendidikan dan kebudayaan PBB, yaitu UNESCO sejak 2016 sebagai situs suci umat Islam.

Baca juga: Norwegia, China, dan Tunisia Sepakat Minta Israel dan Hamas untuk Segera Hentikan Konflik

Artinya, agresi terhadap masyarakat sipil Palestina dinilai tidak menghormati komite yang telah dibentuk PBB pada tahun 1975, terkait dengan hak-hak sipil rakyat Palestina.

Untuk itu, Partai Perindo menyerukan 4 poin rekomendasi bagi perdamaian Palestina dan Israel, yaitu:

Pertama, PBB melakukan upaya-upaya khusus agar agresi dapat dihentikan dan memberikan sanksi secara tegas terhadap Israel.

Kedua, PBB harus menempatkan tentara perdamaian di perbatasan agar aksi militer kedua belah pihak dapat dihentikan guna memberikan rasa keadilan bagi Palestina.

Baca juga: Sepekan Israel Serang Jalur Gaza, Ini Reaksi Pemimpin Dunia dan Media Internasional

Ketiga, mendukung pemerintahan Indonesia untuk melakukan komunikasi secara intensif terhadap negara-negara yang tergabung di OKI agar memberikan dukungan secara luas terhadap Palestina.

Palestina bagi Indonesia sangat istimewa, karena Palestina adalah negara pertama yang mendukung kemerdekaan Indonesia. Dari sisi aspek kesejarahan itu, maka dinilai sangat perlu bagi Indonesia tampil di garda terdepan untuk membela Palestina.

Keempat, di samping itu Perindo mendukung pemerintah Indonesia menggalang dukungan kepada negara-negara di luar OKI agar Israel dapat menghentikan agresi yang telah dilakukan.

Ikuti kami di
Penulis: Sanusi
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas