Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangeran William Kritik BBC Terkait Wawancara dengan Putri Diana

Pangeran Willian mengkritik Wawancara BBC dengan Putri Diana yang dinilainya berkontribusi memperburuk hubungan orang tuanya.

Editor: hasanah samhudi
zoom-in Pangeran William Kritik BBC Terkait Wawancara dengan Putri Diana
People
Putri Diana dan Pangeran Charles 

TRIBUNNEWS.COM - Pangeran William menuduhBBC,  media massa Inggris, telah mengecewakan ibunya, Putri Diana, dan meracuni hubungan ibunya dengan Pangeran Charles.

William mengungkapkan tuduhannya ini setelah muncul hasil penyelidikan bahwa penyiar BBC mendapatkan wawancara dengan ibunya secara curang pada 1995.

Kritik William terhadap penyiar ini muncul setelah penyelidikan menemukan bahwa jurnalis BBC Martin Bashir menggunakan tipu daya untuk mendapatkan wawancara sensasional dengan Diana tahun 1995. Saat itu diungkapkan detail intim dari pernikahannya yang gagal dengan Charles, dan bahwa penyiar tersebut menutupi kecurangannya.

Dalam acara wawancara Panorama, yang ditonton oleh lebih dari 20 juta penonton di Inggris, Diana mengejutkan warga Inggris dengan mengakui perselingkuhannya dan berbagi detail pernikahannya dengan pewaris takhta Inggris,  Pangeran Charles, yang tak lain adalah ayah William.

Diana sendiri tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada 1997, pada saat usianya baru 36 tahun.

Baca juga: Pangeran Harry Ungkap Penderitaan Hidup di Kerajaan dan Kondisi Diana, Samakan dengan Kebun Binatang

"Menurut saya, cara penipuan wawancara itu secara substansial memengaruhi apa yang dikatakan ibu saya. Wawancara itu memberikan kontribusi besar untuk memperburuk hubungan orang tua saya dan sejak itu telah menyakiti banyak orang," kata William (38), dalam sebuah pernyataan.

"Ini membawa kesedihan yang tak terlukiskan untuk mengetahui bahwa kegagalan BBC berkontribusi signifikan terhadap ketakutannya, paranoia dan isolasi yang saya ingat dari tahun-tahun terakhir bersamanya,” ujar William.

BERITA REKOMENDASI

BBC melakukan penyelidikan, dipimpin oleh mantan hakim senior John Dyson, pada November.

Ini dilakukan menyusul tuduhan dari saudara laki-laki Diana, Charles Spencer, bahwa dia telah ditipu untuk memperkenalkan Diana kepada Bashir.

Laporan Dyson menemukan bahwa Bashir, yang waktu itu adalah seorang reporter yang kurang dikenal, telah menunjukkan pernyataan bank palsu kepada Spencer yang menunjukkan bahwa Diana disadap oleh dinas rahasia  dan bahwa dua asisten senior dibayar untuk memberikan informasi tentangnya.

Baca juga: Kalung yang Dipakai Kate Middleton Saat Pemakaman Pangeran Philip Pernah Juga Dipakai Lady Diana

Setelah ditayangkan, Bashir berulang kali berbohong kepada atasannya tentang bagaimana wawancara itu diperoleh, kata laporan itu.

Saat pertanyaan terus berlanjut, manajer BBC gagal memeriksa versinya dengan benar dan menutupi fakta tentang bagaimana Bashir mengamankan wawancara tersebut.

Penyelidikan menemukan bahwa BBC telah gagal memenuhi "standar integritas dan transparansi yang tinggi yang merupakan ciri khasnya," dan BBC telah menulis surat kepada Istana Buckingham untuk meminta maaf.

Bashir meminta maaf atas pernyataan palsu itu, tetapi ia tetap ngotot bahwa ia mempunyai bukti dari 25 tahun lalu. Ia percaya bahwa ia tidak mendorong Diana untuk wawancara itu.

William mengatakan bahwa BBC seharusnya menyelidiki dengan baik ketika kekhawatiran pertama kali muncul pada tahun 1995.

Baca juga: BBC World News Dilarang Siaran di Daratan China

"(Diana) gagal bukan hanya oleh seorang reporter nakal, tetapi oleh para pemimpin di BBC yang pura-pura tidak tahu daripada mengajukan pertanyaan sulit," katanya.

"Kegagalan ini, yang diidentifikasi oleh jurnalis investigasi, tidak hanya mengecewakan ibu saya, dan keluarga saya, tetapi juga mengecewakan publik." (Tribunnews.com/ChannelNewsAsia/Hasanah Samhudi)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas