Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Duta Besar Indonesia di Jepang Akan Berikan Penghargaan Kepada Pemilik Kapal Fukusekimaru

Duta besar Indonesia Heri Akhmadi akan memberikan penghargaan kepada Presiden, pemilik kapal Fukusekimaru, Kenichi Nishikawa yang melalui kapalnya Fuk

Duta Besar Indonesia di Jepang Akan Berikan Penghargaan Kepada Pemilik Kapal Fukusekimaru
Foto AMSA
Sebanyak 20 nelayan Indonesia meminta bantuan di laut lepas 1200 km dari Perth Australia 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Duta besar Indonesia Heri Akhmadi akan memberikan penghargaan kepada Presiden, pemilik kapal Fukusekimaru, Kenichi Nishikawa yang melalui kapalnya Fukusekimaru ke-15 dengan kapten kapal Kiyoshi Yamazaki telah menyelamatkan 20 nelayan Indonesia dari kecelakaan laut.

"Pihak KBRI telah telepon saya dan sedang dijadwalkan, mungkin antara 28 Mei - 4 Juni 2021 saya ke KBRI di Tokyo menerima penghargaan tersebut," papar Nishikawa khusus kepada Tribunnews.com Rabu (26/5/2021).

Nishikawa merasa senang dapat membantu para nelayan Indonesia tersebut.

"Saat ini saya dengar mereka sudah tiba di Bali selamat semua syukurlah ya," tambahnya.

Tanggal 14 Mei 2021 Penjaga Pantai Jepang menelpon dan meminta Nishikawa agar membantu kapal Indonesia yang kecelakaan.

Kapal Fukusekimaru ke-15 yang berangkat dari Pelabuhan Yaizu di Prefektur Shizuoka dan sedang memancing tuna di lepas pantai Australia.

Saat itu berada sekitar 320 km dari kapal penangkap ikan Indonesia yang kecelakaan.

Sebuah kapal Angkatan Laut Australia sedang menuju untuk penyelamatan,beraada 1200 km dari lokasi kapal yang kecelakaan, sehingga kapten Yamazaki menemukan dulu para awak kapal Indonesia tersebut.

"Awalnya menemukan kapal tapi tak menemukan awaknya. Kapten menuju ke barat sedikit dan melihat pecahan kapal di atasnya ada 20 awak kapal Indonesia dan segera menyelamatkannya."

Nishikawa yang memiliki perusahaan kapal tersebut merasa sangat senang dapat menolong sesama pelaut maguro (tuna) dari Indonesia.

"Syukurlah kita dapat membantu dan menolong mereka sehingga persahabatan dan kerjasama dengan pihak Indonesia dapat lebih baik lagi. Selama ini kapal-kapal kita juga banyak mampir juga ke Benoa Bali. kerjasama dengan para pelaut dan nelayan Indonesia sudah baik selama ini," tambah Nishikawa.

Ratusan pemagang nelayan Indonesia memiliki pengalaman melakukan penangkapan ikan di kapal Jepang selama ini. Dengan upaya saling bantu ini diharapkan tentu semakin dekat lagi kerjasama dan persaudaraan antara kedua bangsa khususnya di bidang perikanan kedua negara.

Sementara itu upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif dengan melalui zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang nantinya. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas