Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Wamenlu AS Kunjungi Indonesia, Ini Agenda yang Akan Dibahas

Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Wamenlu AS) Wendy R. Sherman akan melakukan perjalanan ke Indonesia besok

Wamenlu AS Kunjungi Indonesia, Ini Agenda yang Akan Dibahas
Twitter.com
Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Wamenlu AS) Wendy R. Sherman

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Wamenlu AS) Wendy R. Sherman akan melakukan perjalanan ke Indonesia besok, Senin (31/5/2021).

Perjalanan Wakil Sekretaris Sherman ke Jakarta merupakan rangkaian kunjungan kenegaraannya ke Brussel, Ankara, Jakarta, Phnom Penh, Bangkok, dan Honolulu pada 25 Mei hingga 4 Juni.

Dalam sebuah pernyataan resmi Departemen Luar Negeri AS, setelah dari Ankara, Turki, Wakil Sekretaris Sherman akan melakukan perjalanan ke Asia Tenggara, dimana dia akan menegaskan kembali komitmen AS terhadap sentralitas ASEAN dan membahas berbagai masalah bilateral dan regional.

AS bermaksud kembali berupaya untuk mendesak militer Burma untuk menghentikan kekerasan, membebaskan semua orang yang ditahan secara tidak adil, serta mengembalikan Burma ke jalur demokrasi.

Baca juga: Jawab Menlu AS, Pemimpin Hamas Janji Tak Akan Sentuh Bantuan Rekonstruksi Gaza

Di Jakarta, Sherman dijadwalkan akan bertemu dengan pejabat pemerintah Indonesia, termasuk menemui Wamenlu RI Mahendra Siregar.

“Untuk membahas kemitraan AS-Indonesia yang berkembang dan bagaimana kedua negara dapat bekerja sama untuk mengatasi tantangan kawasan,” tulis keterangan itu.

Baca juga: Menlu AS: Amerika Akan Buka Kembali Kantor Konsulat di Yerusalem 

Selama di Jakarta, ia juga akan bertemu dengan pejabat dari Sekretariat ASEAN dan Komite Wakil Tetap ASEAN untuk membahas perluasan dan pendalaman kemitraan strategis AS-ASEAN.

Di Phnom Penh, Wakil Sekretaris akan mengadakan serangkaian pertemuan.

Sedangkan di Bangkok, Wakil Sekretaris akan bertemu dengan pejabat pemerintah Thailand untuk membahas kerja sama keamanan AS-Thailand, memperluas hubungan ekonomi.

Baca juga: 70 Persen Negara di Dunia Sudah Mengakui Palestina, Kemenlu  Diminta Desak AS dan Uni Eropa

Termasuk mempromosikan kebebasan fundamental, masalah regional Mekong, krisis di Burma, dan memperdalam ikatan budaya antara rakyat Amerika dan Thailand.

Setelah melakukan serangkaian pertemuan dengan negara ASEAN, Deputy Secretary Sherman akan mengunjungi Honolulu untuk bertemu dengan pejabat di INDOPACOM untuk membahas strategi AS di Indo-Pasifik.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas