Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

KTT COVAX AMC Jepang Rabu Besok Akan Bicarakan Kekurangan Dana 1,7 Miliar Dolar AS

Jepang beserta para donatur lain seperti Bill Gates berusaha mengumpulkan dana 3 miliar dolar AS untuk membantu vaksinasi negara berkembang. Kekuranga

KTT COVAX AMC Jepang Rabu Besok Akan Bicarakan Kekurangan Dana 1,7 Miliar Dolar AS
Richard Susilo
Gedung kementerian luar negeri Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYOJepang beserta para donatur lain seperti Bill Gates berusaha mengumpulkan dana 3 miliar dolar AS untuk membantu vaksinasi negara berkembang.

Kekurangan dana saat ini 1,7 miliar dolar AS akan dibahas bersama dalam KTT Covax AMC besok (2/6/2021).

"Kita masih terus mencari donatur lain untuk dana Covax supaya bisa mencukupi bantuan vaksin ke berbagai negara berkembang di dunia," papar pejabat tinggi Jepang  sumber Tribunnews.com Selasa (1/6/2021).

Sementara Jepang akan memberikan vaksin AstraZeneca kepada Taiwan.

Padahal vaksin ini tidak dan belum pernah digunakan di dalam Jepang meskipun telah disahkan boleh digunakan di Jepang sejak 21 Mei 2021 lalu.

"Kita masih terus memonitor perkembangan vaksin AstraZeneca sampai saat ini karena banyaknya kasus di luar negeri yang menggunakan vaksin tersebut."

Sampai kapan vaksin itu diberikan ke Taiwan, masih belum tahu karena masih dalam pertimbangan lebih lanjut oleh Jepang.

"Di samping juga pertimbangan politik di mana ada kemungkinan China akan marah kalau Jepang menyumbangkan vaksin tersebut ke Taiwan. Padahal kita tahu Taiwan sangat membutuhkan vaksin di tengah pandemi Corona saat ini," tambahnya.

Pada KTT Vaksin Global  tanggal 4 Juni tahun lalu, Gavi meluncurkan COVID-19 Vaccines Advance Market Commitment (COVAX AMC) sebagai building block pertama dari Fasilitas COVAX.

Gavi COVAX AMC adalah instrumen pembiayaan inovatif yang akan mendukung partisipasi 92 low --dan ekonomi berpenghasilan menengah di Fasilitas COVAX – memungkinkan akses ke dosis vaksin COVID-19 yang aman dan efektif yang didanai donor. AMC, dikombinasikan dengan dukungan tambahan untuk kesiapan dan pengiriman negara, akan memastikan yang paling rentan di semua negara dapat dilindungi dalam jangka pendek, terlepas dari tingkat pendapatan.

Salah satu donator besar adaah Bill Gates untuk proyek Covax AMC tersebut selain negara-negara Eropa.

Indonesia termasuk salah satu Covac AMC tersebut.

Sementara itu upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif dengan melalui zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang nantinya. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas