Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Krisis Myanmar

Pemimpin Junta Militer Myanmar Kunjungi Rusia Hadiri Konferensi Keamanan 

Pemimpin junta militer Myanmar tiba di Moskow pada Minggu (20/6/2021) waktu setempat, untuk menghadiri konferensi keamanan.

Pemimpin Junta Militer Myanmar Kunjungi Rusia Hadiri Konferensi Keamanan 
Handout / AFPTV / Myawaddy TV / AFP
Screengrab ini disediakan melalui AFPTV dan diambil dari siaran oleh Myawaddy TV di Myanmar pada 27 Maret 2021 menunjukkan kepala angkatan bersenjata Myanmar Jenderal Senior Min Aung Hlaing menghadiri parade tahunan yang diadakan oleh militer untuk memperingati Hari Angkatan Bersenjata di ibu kota Naypyidaw. 

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW - Pemimpin junta militer Myanmar tiba di Moskow pada Minggu (20/6/2021) waktu setempat, untuk menghadiri konferensi keamanan.

Seperti dilansir AFP, Senin (21/6/2021), ini adalah perjalanan kedua pemimpin junta militer yang diketahui di luar negeri sejak ia merebut kekuasaan dalam kudeta 1 Februari.

Myanmar mengalami kekacauan sejak militer menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi dan pemerintahan Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) pada Februari lalu.

Baca juga: Junta Militer Myanmar Bakar Desa, Pemimpin ASEAN Harus Lebih Tegas

Pemimpin militer Min Aung Hlaing meninggalkan ibu kota Naypyidaw pada hari Minggu dengan penerbangan khusus untuk menghadiri Konferensi untuk Keamanan Internasional, di Moskow, demikian media pemerintahan junta militer, MRTV.

“Dia menghadiri undangan Menteri Pertahanan Rusia," laporan MRTV, seraya menambahkan, “dia telah disambut oleh duta besar Rusia untuk Myanmar di bandara.”

Tidak ada rincian tentang berapa lama dia akan berada di Rusia, sekutu dan pemasok senjata utama untuk militer Myanmar.

Baca juga: Warga Sipil Angkat Senjata Melawan Junta: Satu-satunya Pilihan hingga Sebut Myanmar bak Rumah Jagal

Kedutaan Besar Myanmar di Rusia kemudian mengkonfirmasi kedatangan Min Aung Hlaing ke kantor berita negara Rusia RIA Novosti.

"Panglima tertinggi telah tiba di Moskow," kata seorang juru bicara kedutaan dikutip kantor berita.

Tindakan keras pemerintah junta militer terhadap perbedaan pendapat sejak kudeta telah memakan korban jiwa sedikitnya 870 warga sipil, menurut kelompok pemantau lokal.

Pada bulan Mei 2021, media lokal melaporkan kepala angkatan udara Myanmar menghadiri pameran helikopter militer di Moskow.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Theresia Felisiani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas