Tribun

Virus Corona

Varian Delta Makin Merebak & Pembatasan Dilonggarkan, Israel Sebut Efektivitas Vaksin Pfizer Turun

Israel melaporkan penurunan efektivitas vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech dalam mencegah infeksi dan penyakit simtomatik, Senin (5/7/2021).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Daryono
Varian Delta Makin Merebak & Pembatasan Dilonggarkan, Israel Sebut Efektivitas Vaksin Pfizer Turun
Foto Shutterstock
Vaksin Pfizer. Israel melaporkan penurunan efektivitas vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech dalam mencegah infeksi dan penyakit simtomatik, Senin (5/7/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Israel melaporkan penurunan efektivitas vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech dalam mencegah infeksi dan penyakit simtomatik, Senin (5/7/2021).

Namun, pihak terkait menegaskan Pfizer masih sangat efektif mencegah penyakit serius.

Melansir Reuters, klaim penurunan efektivitas vaksin Pfizer/BioNTech ini bertepatan dengan merebaknya varian Delta dan berakhirnya pembatasan sosial di Israel.

"Efektivitas vaksin dalam mencegah infeksi dan penyakit bergejala turun menjadi 64 persen sejak 6 Juni 2021," kata Kementerian Kesehatan.

Baca juga: LOGIN pedulilindungi.id untuk Download Sertifikat Vaksin Covid-19 Format Terbaru di HP

Baca juga: Dekatkan Akses Buat Warga, Pemprov DKI Siapkan 16 Mobil Vaksin Keliling

Vaksin Pfizer.
Vaksin Pfizer. (Foto Shutterstock)

Pada saat yang sama, vaksin itu 93 persen efektif dalam mengurangi angka rawat inap dan penyakit serius akibat virus corona.

Kementerian dalam pernyataannya tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Namun pejabat kementerian laporan yang diterbitkan pada Mei menerangkan dua dosis vaksin Pfizer memberikan lebih dari 95 persen perlindungan terhadap infeksi, rawat inap dan penyakit parah.

Seorang juru bicara Pfizer menolak mengomentari data dari Israel, tetapi mengutip penelitian lain yang menunjukkan bahwa antibodi yang ditimbulkan oleh vaksin masih mampu menetralkan semua varian yang diuji, termasuk Delta, meskipun dengan kekuatan yang berkurang.

Sekitar 60 persen dari 9,3 juta penduduk Israel telah menerima setidaknya satu suntikan vaksin Pfizer dalam kampanye yang melihat kasus harian turun dari lebih dari 10.000 pada Januari menjadi satu digit bulan lalu.

Ini mendorong Israel untuk membatalkan hampir semua jarak sosial serta persyaratan untuk memakai masker, meskipun yang terakhir sebagian diberlakukan kembali dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: IDI : Varian Delta Merajai Kasus Lonjakan Covid-19 di Indonesia

Baca juga: Waspada, Virus Corona Varian Delta Rambah 9 Provinsi di Luar Jawa, Ini Rinciannya

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas