Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Olimpiade 2021

Jelang Pembukaan Olimpiade, Pasukan AU Khusus Jepang Blue Impulse Atraksi di Langit Tokyo

Blue Impulse akan memulai penerbangan dari sekitar Tokyo Metropolitan Government Building mengelilingi Tokyo Tower dan Sky Tree.

Jelang Pembukaan Olimpiade, Pasukan AU Khusus Jepang Blue Impulse Atraksi di Langit Tokyo
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Atraksi pasukan angkatan udara khusus Jepang, Blue Impulse di atas Kota Tokyo, Jumat (23/7/2021) siang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menjelang pembukaan Olimpiade Tokyo, Angkatan Udara Bela Diri Jepang, Blue Impulse mengudara di atas Kota Tokyo sekitar 30 menit dan disaksikan oleh jutaan masyarakat Tokyo.

Blue Impulse akan memulai penerbangan dari sekitar Tokyo Metropolitan Government Building sekitar pukul 13.40, mengelilingi Tokyo Tower dan Sky Tree, dan kembali lagi ke Tokyo Metropolitan Government Building.

Saat menjalankan aksinya, enam pesawat dengan masing-masing menggunakan asap warna lain. Ada yang warna biru, hitam, merah, hijau, dan kuning dan satu lagi sebagai leader.

Di ketinggian 1.500 meter mereka membentuk gambar logo olimpiade dengan panjang 4 km dan lebar 2 km. Diameter 1,2 kilometer.

Biaya operasional aksi Blue Impulse ini memakan biaya 1,5 juta yen per pesawat untuk membuat gambar logo Olimpiade di awan dan beratraksi sekitar 30 menit di atas udara Tokyo.

Atraksi pasukan angkatan udara khusus Jepang, Blue Impulse di atas Kota Tokyo, Jumat (23/7/2021) siang.
Atraksi pasukan angkatan udara khusus Jepang, Blue Impulse di atas Kota Tokyo, Jumat (23/7/2021) siang. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Waktu penerbangan membentuk gambar logo Olimpiade adalah sekitar 15 menit. Ini adalah pertama kalinya dalam 57 tahun sejak Olimpiade 1964 Blue Impulse menggelar Olimpiade di atas pusat kota Tokyo.

Waktu penerbangan sekitar 15 menit. Ini adalah pertama kalinya dalam 57 tahun sejak Olimpiade 1964 Blue Impulse menggelar Olimpiade di atas pusat Kota Tokyo.

Blue Impulse diluncurkan dari Pangkalan Udara Matsushima Angkatan Udara Bela Diri di Prefektur Miyagi, yang rusak parah akibat Gempa Besar Jepang Timur, lalu menggambar cincin Olimpiade lima warna di langit Tokyo, dan bersamaan dengan kedatangan obor olimpiade siang ini.

Baca juga: Setelah 121 Hari, Estafet Obor Olimpiade Tokyo Jepang Akhirnya Sampai di Tokyo

Pasukan Angkatan Udara Jepang yang jadi kebanggaan banyak orang Jepang dengan seleksi yang sangat ketat.

Baru saja terpilih satu orang lagi pilot Blue Impulse sehingga jumlah pesawat mencapai enam unit saat ini yang sebelumnya (tahun lalu) masih 5 unit.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang) dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas