Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

CDC AS Minta Warga Amerika yang Divaksinasi Penuh untuk Kembali Pakai Masker

(CDC) Amerika Serikat (AS) telah merekomendasikan bahwa sebagian warga Amerika yang divaksinasi secara penuh untuk kembali memakai masker di dalam rua

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in CDC AS Minta Warga Amerika yang Divaksinasi Penuh untuk Kembali Pakai Masker
https://childrenswi.org/
Ilustrasi pakai masker 

TRIBUNNEWS.COM, MARYLAND - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) telah merekomendasikan bahwa sebagian warga Amerika yang divaksinasi secara penuh untuk kembali memakai masker di dalam ruangan tertentu.

Keputusan yang dibuat di tengah lonjakan kasus virus corona (Covid-19) ini secara dramatis mengembalikan pedoman organisasi ini sebelumnya.

Perlu diketahui, pada dua bulan lalu, CDC AS mengizinkan warga Amerika yang telah divaksinasi secara penuh untuk tidak mengenakan masker saat kembali ke area dalam ruangan seperti restoran maupun ruang kerja.

Namun, pada hari Selasa kemarin, aturan ini akhirnya dicabut.

Ini karena kemunculan varian B.1.617.2 (Delta) yang diketahui lebih menular, bahkan menginfeksi mereka yang telah divaksinasi.

Selain itu peningkatan kasus di daerah dengan tingkat inokulasi rendah, membuat CDC telah meminta orang yang divaksinasi dan tidak divaksinasi untuk menggunakan masker saat makan di dalam ruangan atau memasuki ruang ramai lainnya di daerah dengan suhu tinggi.

"Di daerah dengan transmisi substansial dan tinggi, CDC merekomendasikan agar individu yang telah divaksinasi secara lengkap untuk memakai masker di tempat umum dalam ruangan, untuk membantu mencegah penyebaran Delta dan melindungi orang lain dari risiko penularan," kata Direktur CDC, Dr Rochelle Walensky.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Virus Corona Varian Delta, Berikut 5 Hal Penting Terkait Varian Delta

BERITA TERKAIT

Dikutip dari laman Russia Today, Rabu (28/7/2021), panduan CDC bukanlah hukum, namun biasanya menginformasikan tentang kebijakan pemerintah federal dan otoritas lokal AS.

Keputusan itu pun telah berjalan selama beberapa hari.

Penasihat kesehatan Gedung Putih Dr. Anthony Fauci mengatakan pada hari Minggu lalu bahwa saat itu CDC sedang mempertimbangkan pedoman tersebut.

Sebelumnya, menurut data yang dimiliki CDC AS, kasus baru harian Covid-19 telah mencapai hampir empat kali lipat di AS sejak Juni lalu.

Sebagian besar kasus yang dilaporkan terjadi diantara mereka yang tidak divaksinasi.

Pejabat publik dan pengamat pun  menyalahkan mereka yang enggan untuk divaksin.

Menurut CDC, sekitar 69 persen orang dewasa AS telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19.

Namun, diantara mereka yang belum mendapatkan kesempatan, survey menunjukkan bahwa sebagian besar warga AS tidak mau melakukannya.

Selain merekomendasikan penggunaan masker dalam ruangan di area tertentu, CDC juga merekomendasikan agar semua guru dan siswa juga memakai masker, terlepas dari status vaksinasi mereka.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas