Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

WHO Serukan Moratorium Suntikan Booster Vaksin Covid-19

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan moratorium suntikan booster vaksin Covid-19 hingga setidaknya akhir September 2021.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Miftah
zoom-in WHO Serukan Moratorium Suntikan Booster Vaksin Covid-19
Christopher Black / Organisasi Kesehatan Dunia / AFP
Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada 12 Februari 2021 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan sambutannya saat konferensi pers pada 12 Februari 2021 di Jenewa. Kepala Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada 12 Februari 2021 bahwa semua hipotesis tentang asal-usul pandemi Covid-19 tetap ada di atas meja setelah penyelidikan WHO di China. 

TRIBUNNEWS.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan moratorium suntikan booster vaksin Covid-19 setidaknya hingga akhir September 2021.

Melansir Al Jazeera, rencana ini dimaksudkan untuk memungkinkan setidaknya 10 persen dari populasi setiap negara di dunia divaksinasi.

“Saya memahami kepedulian semua pemerintah untuk melindungi rakyatnya dari varian Delta," kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers, seperti dikutip dari laman resmi WHO.

"Tetapi kami tidak dapat menerima negara-negara yang telah menggunakan sebagian besar pasokan vaksin global dan menggunakan lebih banyak lagi," imbuhnya.

Baca juga: WHO: Varian Delta Meningkatkan Angka Kematian akibat Covid di Afrika Sebesar 80% dalam Satu Bulan

Baca juga: WHO Prihatin Banyak yang Mengalami Efek Long Covid

Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada 12 Februari 2021 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan sambutannya saat konferensi pers pada 12 Februari 2021 di Jenewa. Kepala Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada 12 Februari 2021 bahwa semua hipotesis tentang asal-usul pandemi Covid-19 tetap ada di atas meja setelah penyelidikan WHO di China.
Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada 12 Februari 2021 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan sambutannya saat konferensi pers pada 12 Februari 2021 di Jenewa. Kepala Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan pada 12 Februari 2021 bahwa semua hipotesis tentang asal-usul pandemi Covid-19 tetap ada di atas meja setelah penyelidikan WHO di China. (Christopher Black / Organisasi Kesehatan Dunia / AFP)

Tedros menambahkan bahwa negara-negara G-20 memiliki peran kepemimpinan yang penting untuk dimainkan.

Menurutnya, negara-negara tersebut adalah “produsen terbesar, konsumen terbesar, dan donor vaksin Covid-19 terbesar”.

Imbauan terbaru WHO datang ketika penyebaran varian Delta yang lebih menular mendorong diskusi tentang booster di negara-negara kaya, termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Jerman, bahkan ketika gelombang baru Covid-19 menyebabkan kekacauan di negara-negara yang tidak mampu memberi orang vaksin bahkan satu suntikan saja.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki berbicara selama konferensi pers harian di Gedung Putih pada 26 April 2021 di Washington, DC. Presiden Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidato pertamanya pada sidang gabungan Kongres Rabu malam ini.
Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki berbicara selama konferensi pers harian di Gedung Putih pada 26 April 2021 di Washington, DC. Presiden Joe Biden dijadwalkan menyampaikan pidato pertamanya pada sidang gabungan Kongres Rabu malam ini. (Drew Angerer / Getty Images / AFP)
BERITA TERKAIT

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki, mencatat bahwa AS telah menyumbangkan lebih dari 110 juta dosis vaksin di seluruh dunia.

"Itu lebih dari gabungan negara lain mana pun," katanya.

“Kami juga memiliki persediaan yang cukup, untuk memastikan bahwa setiap orang Amerika memiliki akses ke vaksin. Kami akan memiliki cukup pasokan untuk memastikan, jika FDA memutuskan bahwa booster direkomendasikan untuk sebagian populasi,” jelasnya.

"Kami benar-benar merasa bahwa itu adalah pilihan yang salah dan kami dapat melakukan keduanya," terang Psaki kepada wartawan pada Rabu (4/8/2021).

Ia menambahkan negara itu memiliki persediaan yang cukup untuk terus mendistribusikan suntikan ke luar negeri sambil memastikan bahwa setiap orang Amerika dapat divaksinasi sepenuhnya.

Baca juga: WHO Desak Negara Kaya Setop Berikan Booster Vaksin Covid-19, Alihkan ke Negara Miskin

Baca juga: Kemenkes: Jumlahnya Terbatas, Vaksinasi Booster Hanya untuk Tenaga Kesehatan

Pekan lalu, Presiden Israel Isaac Herzog menerima suntikan ketiga vaksin virus corona.

Sementara Jerman akan memulai suntikan booster bulan depan.

“Kita perlu fokus pada orang-orang yang paling rentan, paling berisiko terkena penyakit parah dan kematian, untuk mendapatkan dosis pertama dan kedua,” kata Katherine O'Brien dari WHO kepada wartawan.

WHO tidak memiliki kekuatan untuk meminta negara-negara untuk bertindak atas rekomendasinya,

Banyak di masa lalu telah mengabaikan seruan WHO terkait isu-isu seperti menyumbangkan vaksin, membatasi perjalanan lintas batas dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan produksi vaksin di negara-negara berkembang.

Berita lain terkait Vaksin Covid dan WHO

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas