Tribun

Virus Corona

Pemerintah AS Klaim 50 Persen Warganya Telah Divaksinasi Penuh

AS mengklaim pada hari Jumat lalu bahwa setengah dari populasi negara itu telah mendapatkan vaksinasi virus corona (Covid-19) secara penuh.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Theresia Felisiani
Pemerintah AS Klaim 50 Persen Warganya Telah Divaksinasi Penuh
AFP/FRED TANNEAU
Seorang petugas medis memegang botol vaksin Moderna Covid-19 di Quimper, Prancis barat. (23 Juli 2021). Pengawas obat-obatan Eropa telah menyetujui penggunaan vaksin anti-coronavirus Moderna untuk anak-anak berusia 12 hingga 17 tahun, menjadikannya suntikan kedua bagi remaja untuk digunakan di benua tersebut. (Fred TANNEAU / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengklaim pada hari Jumat lalu setengah dari populasi negara itu telah mendapatkan vaksinasi virus corona (Covid-19) secara penuh.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Data Covid-19 Gedung Putih, Cyrus Shahpar, dalam cuitan di akun Twitternya.

"50 persen orang Amerika (semua usia) sekarang sudah divaksinasi lengkap, lanjutkan," kata Shahpar.

Baca juga: Serapan Tenaga Kerja Merosot Tajam, Ekonomi Amerika Serikat Masih Loyo 

Ini mengindikasikan lebih dari 165 juta orang telah menerima vaksin Moderna atau Pfizer dengan dua dosis suntikan atau satu kali dosis untuk vaksin Johnson & Johnson.

Sementara itu, ambang batas separuh dari semua orang dewasa Amerika yang divaksinasi penuh telah tercapai pada akhir Mei lalu.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (8/8/2021), Shahpar menyampaikan bahwa rata-rata setiap tujuh hari, terjadi peningkatan 11 persen untuk orang yang baru divaksinasi, sedangkan selama dua pekan terakhir angkanya naik mencapai 44 persen.

"Selama empat pekan berturut-turut, jumlah rata-rata orang yang divaksinasi setiap harinya telah meningkat," kata Koordinator Covid-19 Gedung Putih Jeff Zients.

Baca juga: Pakar AS: Situasi di Amerika Serikat Bakal Lebih Buruk dan Menyengsarakan Akibat Lonjakan Covid-19

Perlu diketahui, AS merupakan negara yang paling terpukul pandemi Covid-19, dengan mencatat 615.000 kematian.

Presiden AS Joe Biden pun telah mendesak warganya untuk mendapatkan vaksinasi sejak ia menjabat sebagai pemimpin negara itu pada Januari lalu.

Program vaksinasi yang agresif dilakukan pemerintah AS sebelumnya memang telah meningkatkan harapan untuk kembali ke kehidupan normal pada musim panas ini.

Namun kemunculan varian Delta membuat semua hal itu 'terasa mustahil'.

Sumber: https://www.channelnewsasia.com/world/white-house-says-50-americans-fully-vaccinated-against-covid-19-2097676

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas