Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Deklarasi Darurat Covid-19 di Jepang Kemungkinan Diperpanjang Hingga September 2021

Profesor Kitamura juga memberitahukan PSBB sebenarnya bisa panjang sampai dua tahun karena pandemi corona di dunia juga masih belum menyurut.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Deklarasi Darurat Covid-19 di Jepang Kemungkinan Diperpanjang Hingga September 2021
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Dr Yoshihiro Kitamura, Profesor Kehormatan Universitas Kedokteran Jepang dan ahli penyakit menular. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Deklarasi Darurat Covid-19 (PSBB) di Jepang yang berakhir 30 Agustus 2021 kemungkinan besar akan diperpanjang hingga September mendatang mengingat penyebaran infeksi virus corona masih belum menyurut di kota-kota seperti Tokyo serta lima prefektur lainnya yang terkena PSBB.

"PSBB kemungkinan besar akan diperpanjang hingga September mendatang karena penyebaran infeksi masih tetap meluas khususnya di Tokyo," papar sumber pemerintah Jepang, Rabu (11/8/2021).

Tingkat infeksi Covid-19 di Tokyo, Rabu (11/8/2021) meningkat sekitar dua kali lipat dari yang awalnya pada 10 Agustus 2021 hanya 2.612 orang, bertambah menjadi 4 200 orang Rabu kemarin.

"Memang infeksi virus corona tampak masih belum menyurut, masih menyebar luas," papar ahli penyakit menular Dr Yoshihiro Kitamura, Profesor Kehormatan Universitas Kedokteran Jepang, Kamis (12/8/2021) di Asahi TV.

Profesor Kitamura juga melihat keadaan peningkatan infeksi virus corona di Jepang khususnya di Tokyo sangat mirip dengan keadaan 25 Mei dengan jumlah infeksi meningkat menjadi 1.413 orang saat itu.

Baca juga: Saitama, Kanagawa, dan Chiba Jepang Minta Pusat Deklarasikan Darurat Antisipasi Corona Yang Meluas

"Kalau lihat grafik peningkatan infeksi di Tokyo, sangat mirip dengan dua setengah bulan lalu dan kali ini meningkat tinggi jadi memang Tokyo dan sekitarnya dalam keadaan yang kritis," kata dia.

BERITA TERKAIT

Selain itu Profesor Kitamura juga memberitahukan PSBB memang sebenarnya bisa panjang sampai dua tahun karena pandemi corona di dunia juga masih belum menyurut.

"PSBB bisa panjang sekali bisa dua tahun. Jadi kalau ada perpanjangan lagi bukan hal yang aneh sebenarnya," tambahnya.

Lalu sampai kapan perpanjangan PSBB khgususnya di Tokyo, menurutnya sulit diprediksi karena vaksinasi masih terus berjalan dan harus semakin dipercepat kepada semua orang yang ada di Tokyo.

PSBB sampai dengan 30 Agustus diterapkan kepada Tokyo, Saitama, Chiba, Kanagawa, Osaka dan Okinawa.

Sedangkan Hokkaido, Ishikawa, Kyoto, Hyogo, dan Fukuoka dalam status Tindakan Prioritas, satu level di bawah PSBB.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang) dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas