Tribun

Paralimpiade Tokyo 2020

Menteri Olimpiade Paralimpiade Jepang Pastikan akan Periksa Presiden IOC Secara Ketat

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dijadwalkan akan tiba di Jepang, Senin (23/8/2021).

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Menteri Olimpiade Paralimpiade Jepang Pastikan akan Periksa Presiden IOC Secara Ketat
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Menteri Olimpiade Paralimpiade Tokyo, Tamayo Marukawa. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dijadwalkan akan tiba di Jepang, Senin (23/8/2021).

Sementara upacara pembukaan Paralimpiade Tokyo 2020 dilaksanakan sehari setelahnya, Selasa 24 Agustus 2021.

Dalam aturan PlayBook terkait Olimpiade/Paralimpiade, disebutkan orang yang datang dari luar Jepang harus menjalani karantina selama 3 hari.

"Kita akan jemput dan periksa kesehatan Thomas Bach dengan sangat ketat. Akan kita jaga dia dengan baik setelah tiba di Jepang, selain pemeriksaan tes PCR dan lainnya," papar Menteri Olimpiade Paralimpiade Tamayo Marukawahari, Jumat (20/8/2021).

Menanggapi relawan Olimpiade yang mendapat julukan Volunteer of The Year dari Menteri Pariwisata Jamaika, Menteri Marukawa juga akan mempertimbangkan penghargaan untuk hal-hal yang baik termasuk Host Town yang kini banyak ditanganinya.

"Kita akan lihat berbagai prestasi yang baik yang muncul nantinya termasuk Host Town bagi tim atlet berbagai negara. Akan kita pertimbangkan sistem penghargaan seperti itu pula," papar Menteri Marukawa kepada Tribunnews.com, Jumat (20/8/2021).

Menteri Marukawa juga mengungkapkan ada sekitar 120 dokter dan sekitar 150 perawat khususnya pada 28 Agustus, ketika jumlah kompetisi Paralimpiade akan memuncak, yang dipusatkan pada bidang medis sehingga tidak mengganggu rumah sakit umum lainnya.

Selama Olimpiade lalu jumlah orang yang terinfeksi Covid-19 yang terlibat dalam Olimpiade adalah 430 orang dari 1 Juli hingga 7 Agustus 2021.

Baca juga: Presiden IOC Akan Kembali Lagi ke Jepang untuk Pembukaan Paralimpiade

Rinciannya 29 atlet, 109 pelatih atlet, 35 media/panitia nasional, 236 kontraktor turnamen, dan 21 relawan.

Total 168 orang positif dirawat di rumah sakit, hanya 4 orang yang dirawat di rumah sakit, dan tidak ada orang sakit parah yang muncul.

Berapa banyak orang yang terlibat dalam Olimpiade?

"Ada 11.000 atlet, 59.000 orang dari luar negeri, dan sekitar 300.000 orang dari Jepang," katanya.

"Karena itu, mari kita lihat jumlah orang yang terinfeksi per hari (per juta orang) untuk masing-masing. Ada 69 atlet, 64 dari luar negeri, dan 22 dari Jepang," ujarnya.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang) dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas