Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bangkok Terima Kunjungan Turis Asing Mulai 15 Oktober Mendatang

Bangkok Ibu Kota Thailand akan dibuka kembali untuk turis asing mulai 15 Oktober 2021 mendatang.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Bangkok Terima Kunjungan Turis Asing Mulai 15 Oktober Mendatang
Hanny Naibaho/Unsplash
Suasana malam di Pattaya City, Thailand 

TRIBUNNEWS.COM, BANGKOK -  Bangkok Ibu Kota Thailand akan dibuka kembali untuk turis asing mulai 15 Oktober 2021 mendatang.

Pembukaan tempat wisata ini dilakukan setelah 70 persen populasi Thailand telah divaksinasi virus corona (Covid-19) secara penuh.

Keputusan itu muncul setelah berlangsungnya diskusi antara Menteri Pariwisata dan Olahraga Pipat Ratchakitprakan dengan Gubernur Bangkok Aswin Kwanmuang pada hari Rabu.

"Keputusan bersama kami adalah bahwa kami ingin melakukan vaksinasi di seluruh Thailand, di setiap distrik, sehingga saat kami kembali membuka pariwisata, itu akan berlaku untuk seluruh wilayah Bangkok. Demi keselamatan warga Thailand, cakupan vaksinasi mencapai tidak kurang dari 70 persen tentu sangat penting," kata Pipat dalam konferensi pers.

Baca juga: Thailand Kembangkan Alat Tes Covid-19 Berbasis Keringat Ketiak

Menurut Pipat, lebih dari 70 persen populasi di Thailand telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19 namun hanya 37 persen yang telah divaksinasi secara penuh.

"Sisanya, 33 persen seharusnya diberikan dosis kedua pada awal Oktober mendatang. Kami yakin pada 15 Oktober, Bangkok akan dapat dibuka kembali untuk wisatawan internasional," jelas Pipat.

Kendati demikian, ia tidak menyebutkan apakah akan ada persyaratan karantina bagi turis asing saat Bangkok kembali dibuka.

BERITA REKOMENDASI

Dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (15/9/2021), pembukaan kembali pariwisata di kota Bangkok merupakan bagian dari inisiatif pemerintah untuk meningkatkan ekonomi negara itu yang sangat bergantung pada pariwisata internasionalnya.

Selama lebih dari setahun, sektor pariwisata Thailand telah babak belur dihantam pandemi Covid-19 karena dihentikannya kedatangan internasional.

Pada Juni lalu, Perdana Menteri (PM) Thailand Prayut Chan-o-cha mengumumkan bahwa negara tersebut akan kembali membuka perbatasannya untuk turis asing dalam waktu 120 hari ke depan.

Ia juga meminta tujuan wisata utama dibuka kembali lebih cepat jika memang telah siap.

Prayut menyampaikan bahwa turis yang telah divaksinasi harus dibebaskan dari aturan karantina.

"Wisatawan yang telah menyelesaikan vaksinasi mereka harus mendapatkan akses perjalanan ke Thailand tanpa masa karantina atau pembatasan apapun yang akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi mereka," kata Prayut.

Pada 1 Juli lalu, pulau resor populer Phuket kembali dibuka untuk pariwisata internasional.

Di bawah model pariwisata eksperimental yang disebut 'Kotak Pasir Phuket', para turis tidak diwajibkan menjalani karantina apapun jika mereka telah sepenuhnya divaksina di negara mereka, setidaknya selama 14 hari dan dites negatif pada saat kedatangan.

Selain Bangkok, beberapa provinsi lain juga dijadwalkan menyambut kembali pariwisata internasionalnya bulan depan.

Sebagian wilayah di Chonburi, Petchaburi, Prajuab Khiri Khan dan Chiang Mai diperkirakan akan dibuka kembali pada 1 Oktober mendatang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas