Tribun

Sidang Parlemen Luar Biasa Nominasi PM Jepang Kemungkinan Digelar 4 Oktober 2021

Sidang Diet (Parlemen) Luar Biasa untuk nominasi pemilihan perdana menteri baru kemungkinan dilakukan 4 Oktober 2021.

Editor: Dewi Agustina
Sidang Parlemen Luar Biasa Nominasi PM Jepang Kemungkinan Digelar 4 Oktober 2021
NHK
Sekretaris Kabinet Jepang, Katsunobu Kato di acara NHK, Minggu (11/7/2021). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Ketua Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato mengungkapkan Sidang Diet (Parlemen) Luar Biasa untuk nominasi pemilihan perdana menteri baru kemungkinan dilakukan 4 Oktober 2021.

"Perlu untuk memperjelas bahwa pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat sudah sangat dekat," kata Katsunobu Kato.

Sidang luar biasa Diet, yang akan mengadakan pemilihan nominasi perdana menteri baru untuk menggantikan Perdana Menteri Yoshihide Suga, diperkirakan akan diadakan awal Oktober setelah pemilihan presiden LDP, 29 September 2021.

"Pemerintah dan partai yang berkuasa akan memutuskan sesi dan jadwal musyawarah di bawah kabinet baru. Hal ini merupakan sebuah kebijakan," tambahnya.

Jabatan Suga sebagai Ketua LDP akan berakhir 30 September 2021.

Baca juga: Kelompok Lintas Faksi LDP Dukung Taro Kono Jadi PM Jepang

Sehubungan dengan ini, Kepala Sekretaris Kabinet Kato mengungkapkan pada konferensi pers hari ini bahwa ia sedang mempertimbangkan untuk mengadakan sesi Diet luar biasa pada tanggal 4 Oktober 2021.

"Selain itu berdasarkan Undang-Undang Pemilihan Umum, bahwa pemilihan umum untuk berakhirnya masa jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat harus diadakan dalam waktu 30 hari sebelum tanggal berakhirnya masa jabatan," ujarnya.

"Sudah waktunya bagi setiap pemerintah daerah untuk mulai mempersiapkan pemilu dengan sungguh-sungguh. Penting untuk memutuskan secara formal pertemuan dan memperjelas bahwa pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat sebelum tanggal berakhirnya," kata Kepala Sekretaris Kabinet Kato.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas