Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Jumlah Lansia di Jepang Capai Rekor Tertinggi 36,4 Juta Orang

Jumlah orang tua berusia 65 tahun ke atas di Jepang mencapai rekor tertinggi sebanyak 36,4 juta.

Jumlah Lansia di Jepang Capai Rekor Tertinggi 36,4 Juta Orang
ist
ilustrasi lansia 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Senin 20 September hari ini adalah hari libur nasional di Jepang dalam rangka peringatan "Hari Penghormatan untuk Lansia".

Menurut perkiraan yang disusun oleh Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang, jumlah orang tua berusia 65 tahun ke atas di Jepang mencapai rekor tertinggi sebanyak 36,4 juta.

Dan persentase dari total populasi juga merupakan rekor tertinggi 29,1 persen, yang merupakan tertinggi di dunia.

Menurut perkiraan populasi pada tanggal 15 September 2021 yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi, jumlah orang tua berusia 65 tahun ke atas di Jepang adalah 36,4 juta, meningkat 220.000 dari tahun lalu dan rekor tertinggi.

Di sisi lain, total populasi telah menurun 510.000 dari tahun lalu, dan rasio orang lanjut usia terhadap total populasi juga meningkat sebesar 0,3 poin dari tahun lalu ke rekor tertinggi 29,1 persen.

Ini adalah yang tertinggi di dunia menurut data PBB, lebih dari 5 poin lebih tinggi dari Italia 23,6 persen, yang menempati urutan kedua.

Baca juga: Kandidat LDP Jepang Taro Kono Ingatkan Indonesia Punya Energi Panas Bumi Terbesar Kedua di Dunia

Berdasarkan jenis kelamin, ada sekitar 15,83 juta laki-laki, sekitar 20,57 juta perempuan, dan 4,74 juta lebih perempuan.

Di sisi lain, jumlah orang lanjut usia yang bekerja adalah 9,06 juta tahun lalu, meningkat selama 17 tahun berturut-turut yang tertinggi, dan rasio terhadap jumlah total orang yang bekerja adalah 13,6 persen, yang merupakan rekor tertinggi.

Selain itu, tingkat pekerjaan orang tua adalah 25,1 persen, yang telah meningkat selama sembilan tahun berturut-turut dan merupakan tingkat tertinggi di antara negara-negara besar.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas