Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menlu Inggris Liz Truss Dijadwalkan Berkunjung ke Indonesia Akhir Tahun Ini

Pertemuan Menlu Retno dengan Truss pada Senin kemarin membahas sejumlah isu yang berkaitan dengan penanganan pandemi dan situasi di kawasan.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Menlu Inggris Liz Truss Dijadwalkan Berkunjung ke Indonesia Akhir Tahun Ini
Kedubes Inggris di Jakarta
Kiri ke kanan: Liz Truss, Richard Graham (PM Trade Envoy for ASEAN), Greg Hands (UK minister of state for Trade Policy) dan Dubes RI untuk Inggris, Desra Percaya. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mengungkapkan rencana kedatangan Menlu Inggris yang baru Liz Truss ke Indonesia di akhir tahun ini.

Rencana tersebut disampaikan Truss saat melakukan pertemuan dengan Menlu Retno pada Senin (21/9/2021) di sela-sela penyelenggaraan Sidang Umum PBB di New York.




"Menlu Inggris berencana untuk berkunjung pada akhir tahun ini untuk menindaklanjuti semua pembicaraan yang kita lakukan pada hari Senin kemarin dan juga membahas kerja sama yang lebih strategis antara kedua negara," kata Menlu Retno di konferensi pers, Rabu (22/9/2021).

Pertemuan Menlu Retno dengan Truss pada Senin kemarin membahas sejumlah isu yang berkaitan dengan penanganan pandemi dan situasi di kawasan.

Baca juga: Menlu Apresiasi Turki Bantu Evakuasi WNI dari Afghanistan 

Kepada Truss, Retno menyampaikan menyampaikan apresiasi dari Indonesia atas dukungan vaksin yang diberikan Inggris kepada Indonesia.

Menlu Retno juga menjelaskan situasi covid di Indonesia yang sudah sangat melandai dan membaik.

BERITA TERKAIT

"Saya memberikan semua data perbandingan, misalnya kasus covid di Indonesia pada bulan Juli dengan situasi covid di Indonesia pada bulan september yang menunjukkan penurunan yang sangat signifikan," ujarnya.

Retno berujar data-data yang ia sampaikan pada Truss diharapkan akan  digunakan otoritas Inggris sebagai masukan untuk melakukan review terhadap green list mereka.

Selain membahas isu pandemi, kedua Menlu juga membahas situasi Myanmar.

Menlu mengatakan pembicaraan lebih lanjut akan dibahas dalam pertemuan yang rencananya akan dilakukan di akhir tahun ini.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas