Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Menlu Inggris Liz Truss Dijadwalkan Berkunjung ke Indonesia Akhir Tahun Ini

Pertemuan Menlu Retno dengan Truss pada Senin kemarin membahas sejumlah isu yang berkaitan dengan penanganan pandemi dan situasi di kawasan.

Menlu Inggris Liz Truss Dijadwalkan Berkunjung ke Indonesia Akhir Tahun Ini
Kedubes Inggris di Jakarta
Kiri ke kanan: Liz Truss, Richard Graham (PM Trade Envoy for ASEAN), Greg Hands (UK minister of state for Trade Policy) dan Dubes RI untuk Inggris, Desra Percaya. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mengungkapkan rencana kedatangan Menlu Inggris yang baru Liz Truss ke Indonesia di akhir tahun ini.

Rencana tersebut disampaikan Truss saat melakukan pertemuan dengan Menlu Retno pada Senin (21/9/2021) di sela-sela penyelenggaraan Sidang Umum PBB di New York.

"Menlu Inggris berencana untuk berkunjung pada akhir tahun ini untuk menindaklanjuti semua pembicaraan yang kita lakukan pada hari Senin kemarin dan juga membahas kerja sama yang lebih strategis antara kedua negara," kata Menlu Retno di konferensi pers, Rabu (22/9/2021).

Pertemuan Menlu Retno dengan Truss pada Senin kemarin membahas sejumlah isu yang berkaitan dengan penanganan pandemi dan situasi di kawasan.

Baca juga: Menlu Apresiasi Turki Bantu Evakuasi WNI dari Afghanistan 

Kepada Truss, Retno menyampaikan menyampaikan apresiasi dari Indonesia atas dukungan vaksin yang diberikan Inggris kepada Indonesia.

Menlu Retno juga menjelaskan situasi covid di Indonesia yang sudah sangat melandai dan membaik.

"Saya memberikan semua data perbandingan, misalnya kasus covid di Indonesia pada bulan Juli dengan situasi covid di Indonesia pada bulan september yang menunjukkan penurunan yang sangat signifikan," ujarnya.

Retno berujar data-data yang ia sampaikan pada Truss diharapkan akan  digunakan otoritas Inggris sebagai masukan untuk melakukan review terhadap green list mereka.

Selain membahas isu pandemi, kedua Menlu juga membahas situasi Myanmar.

Menlu mengatakan pembicaraan lebih lanjut akan dibahas dalam pertemuan yang rencananya akan dilakukan di akhir tahun ini.

Ikuti kami di
Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas