Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version
Deutsche Welle

Pemilu Jerman: SPD Unggul Tipis, CDU Merosot ke Perolehan Suara Terburuk

Berdasarkan hasil proyeksi awal, Partai Sosial Demokrat (SPD) mengungguli CDU/CSU hampir 2%. Namun, dalam persaingan yang begitu ketat…

Hasil proyeksi pertama dalam pemilihan federal Jerman 2021, Partai Sosial Demokrat (SPD) kiri-tengah, memperoleh 25,8% suara, sedikit lebih banyak dibanding CDU/CSU yang mengantongi 24,1%.

Baik blok konservatif maupun SPD mengatakan mereka ingin memimpin pemerintahan berikutnya, dan secara matematis, salah satu pihak bisa mewujudkannya jika berhasil membentuk sekutu.

Partai Hijau sukses meraup hasil perolehan suara terbaik mereka, dengan sekitar 14% suara. Partai Demokrat Bebas (FDP) yang pro-bisnis mendapat 11,5% suara, sedangkan Alternatif sayap kanan untuk Jerman (AfD) mendulang 10,5% suara. Sementara Partai Kiri sosialis hanya mendapatkan 4,9% suara.

Proyeksi sementara menunjukkan partai-partai kiri tengah berpotensi menjadi pemenang dalam pemilu kali ini. Baik SPD dan Partai Hijau mendapatkan lebih dari 5% suara dibanding dengan hasil yang mereka dapatkan dalam pemilihan federal terakhir pada tahun 2017.

Blok konservatif menderita kerugian besar saat era Angela Merkel berakhir. Perolehan suara mereka turun lebih dari 8% pada pemilihan sebelumnya.

Apa artinya ini?

Dalam persaingan yang begitu ketat, kemungkinan koalisi masih belum jelas. Berdasarkan proyeksi awal, salah satu opsi yang mungkin saja tercapai adalah kelanjutan dari "koalisi besar" blok CDU/CSU konservatif dan SPD yang telah memerintah Jerman sejak 2013.

Namun, dua partai terbesar yang sama-sama bersumpah untuk membangun pemerintahan berikutnya, kemungkinan bisa menuju koalisi tiga arah untuk pertama kalinya sejak 1960-an di tingkat federal. Pilihannya termasuk koalisi antara CDU/CSU, Partai Hijau, dan FDP.

Sebagai alternatif, SPD juga dapat bermitra dengan Partai Hijau dan FDP. Semua partai telah mengesampingkan masuk ke dalam koalisi dengan AfD.

Pemilihan kanselir baru Jerman oleh Bundestag tidak akan berlangsung sampai koalisi pemerintahan terbentuk. Proses ini bisa memakan waktu berbulan-bulan. Namun, kandidat kanselir SPD, Olaf Scholz, berharap pembicaraan koalisi akan selesai pada Natal.

Halaman
12
Sumber: Deutsche Welle
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas