Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

WHO Kirim Bantuan Penanganan Covid-19 ke Korea Utara

WHO sedang mengirimkan bantuan untuk penanganan virus corona (Covid-19) di Korea Utara (Korut) melalui pelabuhan perbatasan China, Dalian.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
zoom-in WHO Kirim Bantuan Penanganan Covid-19 ke Korea Utara
Graduateinstitute.ch
Kantor pusat WHO di Geneva, Swiss. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sedang mengirimkan bantuan untuk penanganan virus corona (Covid-19) di Korea Utara (Korut) melalui pelabuhan perbatasan China, Dalian.

Meskipun hanya ada sedikit tanda yang menunjukkan negara komunis itu telah melonggarkan aturan sistem penguncian (lockdown) perbatasan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus.

Dikutip dari NDTV, Jumat (8/10/2021), dalam laporan mingguan terbarunya untuk kawasan Asia Selatan dan Timur yang mencakup periode hingga akhir September lalu, WHO mengaku telah memulai pengiriman itu melalui pelabuhan Dalian di China, yang dekat dengan perbatasan Korut.

"Untuk mendukung DPR Korea dengan pasokan medis Covid-19, WHO memulai pengiriman melalui pelabuhan Dalian, China untuk penimbunan strategis dan pengiriman lebih lanjut ke DPR Korea," sebut WHO, merujuk pada Korea Utara dengan inisial nama resminya.

Baca juga: WHO Sebut Proses Persetujuan Sputnik V Akan Dibereskan

Kendati demikian, lembaga tersebut tidak menjelaskan rincian apakah bantuan itu benar-benar mencapai negara itu, karena Juru bicara lembaga tersebut tidak langsung memberikan tanggapan.

Baca juga: Bulan Ini, Korea Selatan Akan Memulai Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

Perlu diketahui, sejak pandemi dimulai pada tahun lalu, Korut pun memberlakukan pembatasan ketat dan menutup perbatasannya dalam apa yang dilihatnya sebagai masalah kelangsungan hidup nasional.

BERITA TERKAIT

WHO melaporkan, negara itu telah melakukan testing atau pengujian Covid-19 pada setidaknya 40.700 orang tanpa hasil positif, 23 September lalu.

Namun pejabat di Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) meragukan klaim Korut yang mengaku tidak pernah memiliki kasus virus corona.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas