Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version
BBC

Umrah bagi jemaah Indonesia dibuka Arab Saudi, beberapa hal yang perlu Anda ketahui

KJRI di Jeddah memperkirakan jemaah asal Indonesia dapat mengikuti ibadah umrah, mulai November. Pelaksanaannya, menurut epidemiolog, harus

Lampu hijau dari pemerintah Arab Saudi bagi calon jemaah umrah asal Indonesia, dianggap sebagai "angin segar" bagi penyelenggara haji dan umrah.

Saat ini, pemerintah Indonesia dan Saudi dalam tahap akhir pembahasan prosedur serta persyaratan kesehatan dalam pelaksanaan umrah.

Sejumlah hal masih menjadi kendala, antara lain jenis vaksin, sertifikat vaksin, standarisasi tes PCR, serta kewajiban karantina lima hari bagi jemaah yang tak memenuhi persyaratan kesehatan.

Baca juga:

  • Umrah Rp60 juta - bisakah Arab Saudi diyakinkan Indonesia longgarkan 'persyaratan tak masuk akal'?
  • Cerita jemaah umrah Indonesia saat pandemi Covid-19: 'Karantina berhari-hari' hingga 'lebih khusyuk berdoa'
  • Pertama saat pandemi, umat Muslim dunia kembali ke Mekah untuk menunaikan umrah

Sementara, epidemiolog mengingatkan pelaksanaan umrah menjadi uji coba bagi kredibilitas pemerintah Indonesia untuk pelaksanaan ibadah haji tahun depan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang pelaksanaan umrah jemaah asal Indonesia, yang sudah dibuka kembali oleh pemerintah Arab Saudi.

Apa tanggapan calon jemaah dan penyelenggara umrah?

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Firman M Nur, menyebut dibukanya kembali pintu umrah bagi jemaah dari Indonesia sebagai "angin segar".

"Ini adalah berita yang menggembirakan, angin segar bagi kami selaku penyelenggara, untuk bisa kembali melakukan usahanya yang telah tertunda akibat pandemi semenjak 27 Februari 2020 yang lalu, atau hampir dua tahun," ujar Firman.

Senada, calon jemaah umrah, Feby Joko Priharto menyambut "kabar yang menggembirakan" dari pemerintah Arab Saudi yang kembali membuka pintu bagi jemaah umrah Indonesia.

Muslim tetap menjaga jarak sosial yang aman ketika menjalankan ibadah Umrah di Masjidil Haram pada 1 November 2020
Reuters
Umat Islam tetap menjaga jarak sosial yang aman ketika menjalankan ibadah Umrah di Masjidil Haram pada 1 November 2020.

"Ini menjadi suatu harapan buat kita untuk tentunya dapat melakukan ibadah di tanah haram, kami menyambut baik itu dan harapan kami tentu ini dapat direalisasikan dalam waktu-waktu dekat ini," ujar Feby kepada BBC News Indonesia.

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas