Tribun
BBC

Benarkah kita tidak bisa bersendawa di ruang angkasa? Benarkah astronaut mendaur ulang air dari toilet?

Sering bersendawa? Mungkin karena sering dan dianggap biasa, kita tidak menaruh perhatian. Tapi, jika kita seadainya berada di ruang angkasa,

Sering bersendawa? Mungkin karena sering dan dianggap biasa, kita tidak menaruh perhatian.

Tapi, jika kita seadainya berada di ruang angkasa, apakah kita akan tetap bisa bersendawa seperti di Bumi?

Jawabannya ternyata tidak, menurut astronaut Inggris, Tim Peake, yang berada di Stasiun Ruang Angkasa (ISS) selama 186 hari.

"Tapi penjelasannya sebenarnya seperti ini ... Anda tetap bisa bersendawa, tapi Anda tidak perlu harus bersendawa," kata Peake, saat menjawab pertanyaan di seputar hidup di ruang angkasa dari para siswa di Inggris.

Peake menjelaskan di Bumi gelembung-gelembung udara naik ke atas, sementara air di tempat gelembung udara itu berada tidak ke mana-mana.

Baca juga:

Jadi kalau misalnya kita minum air bersoda dan ada gelembung-gelembung udara di perut kita, maka gelembung udara ini akan naik. Dan kemudian kita bersendawa.

Proses ini terjadi karena ada gravitasi: semua yang punya densitas lebih rendah akan naik, dan yang punya densitas lebih tinggi akan berada di bawah.

Ketika gravitasi nol dan saat dalam keadaan tanpa bobot, seperti yang terjadi di ruang angkasa, gelembung-gelembung udara akan bergerak ke segala arah.

Di ruang angkasa, ketika tablet bersoda dimasukkan ke dalam air di mangkuk, gelembung udara bergerak ke mana saja.

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas