Tribun

Di Jepang Ponsel Bekas Banyak Dicari Warga, Terutama Jenis iPhone

Ponsel bekas mulai banyak dicari warga di Jepang, khususnya iPhone. Sebab sekitar 90 persen masyarakat Jepang adalah pengguna iPhone.

Editor: Dewi Agustina
Di Jepang Ponsel Bekas Banyak Dicari Warga, Terutama Jenis iPhone
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Sebuah pusat pengoperasian ponsel bekas perusahaan besar di Kota Zama Prefektur Kanagawa Jepang, untuk pemeriksaan ponsel lama untuk dijual kembali. Semua kardus berisi ponsel bekas yang akan diperiksa lalu dijual kembali. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Ponsel bekas mulai banyak dicari warga di Jepang, khususnya iPhone. Sebab mayoritas atau sekitar 90 persen masyarakat Jepang adalah pengguna iPhone.

"Saat ini penjualan ponsel iPhone di Jepang sedang tinggi," papar Tsutsumu Ishikawa, wartawan spesialis ponsel Jepang di NTV, Kamis (21/10/2021).

Masa pandemi corona ini membuat banyak orang lebih sering berada di rumah ketimbang di luar.

Bahkan bagi keluarga yang memiliki anak membelikan anaknya dua ponsel per orang, satu ponsel untuk komunikasi, dan satu lagi untuk bermain game online.

"Belum lagi yang harus bekerja di rumah oleh perusahaannya, komunikasi menjadi masalah terutama menghubungi konsumennya, sehingga menggunakan satu ponsel khusus kerja dan satu lagi ponsel pribadi," ujarnya.

Belum lagi yang menjadi youtuber, yang harus memisahkan antara ponsel pribadi dengan ponsel lainnya dan harus membeli ponsel bekas.

Sebuah pusat pengoperasian ponsel bekas perusahaan besar di Kota Zama Prefektur Kanagawa Jepang, untuk pemeriksaan ponsel lama untuk dijual kembali. Semua kardus berisi ponsel bekas yang akan diperiksa lalu dijual kembali.
Sebuah pusat pengoperasian ponsel bekas perusahaan besar di Kota Zama Prefektur Kanagawa Jepang, untuk pemeriksaan ponsel lama untuk dijual kembali. Semua kardus berisi ponsel bekas yang akan diperiksa lalu dijual kembali. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Tsutsumu Ishikawa mengatakan, kecenderungan lain adalah menggunakan ponsel di kamar mandi, sambil berendam di air hangat menyaksikan televisi lewat ponsel.

"Bahkan ada anak muda yang mencari ponsel bekas karena lebih murah, khususnya untuk memperbesar visual sehingga bisa melihat bulan dengan jelas," ujarnya.

Harga ponsel iphone bekas tergantung kepada cacat badan (body) ponsel.

"Itu sebabnya sebenarnya menguntungkan kalau beli iPhone mahal tetapi harga jualnya juga bisa tinggi kalau kita merawat dengan baik tanpa cacat," kata dia.

Baca juga: IPW Minta Pimpinan Polri Ingatkan Anggotanya Tak Geledah Ponsel Warga Sembarangan

Ponsel baru iPhone8 harganya sekitar 25.000 yen. Sementara iPhone bekas sekitar 18.000 yen.

Namun kalau kondisi Iphone banyak cacat bisa diperoleh sekitar 10.000 yen.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas