Tribun

Empat Awak NASA SpaceX Mendarat dengan Selamat di Teluk Meksiko

4 astronot NASA Crew Dragon mendarat dengan selamat di Teluk Meksiko, di lepas pantai Florida setelah misi ilmiah enam bulan di ISS.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Inza Maliana
Empat Awak NASA SpaceX Mendarat dengan Selamat di Teluk Meksiko
NASA
Empat astronot yang diikat di dalam kapsul SpaceX Crew Dragon mendarat dengan selamat di Teluk Meksiko, di lepas pantai Florida setelah misi ilmiah enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Selasa (9/11/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Empat astronot yang berada dalam kapsul SpaceX Crew Dragon mendarat dengan selamat di Teluk Meksiko, di lepas pantai Florida setelah misi ilmiah enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Selasa (9/11/2021).

Pencitraan video termal disiarkan secara langsung menangkap sekilas kapsul yang melesat seperti meteor di langit malam di atas Teluk beberapa menit sebelum mendarat.

Melansir Al Jazeera, ada suara tepuk tangan dari pusat kendali penerbangan saat empat parasut utama mengembang di atas kapsul, memperlambat kecepatannya menjadi sekitar 24 kilometer per jam (15 mil per jam) sebelum jatuh perlahan ke laut yang tenang.

Baca juga: SpaceX Luncurkan 4 Astronot Amatir untuk 3 Hari Mengelilingi Bumi

Baca juga: Elon Musik Diprediksi Jadi Triliuner Berkat Bisnis SpaceX

Empat astronot yang diikat di dalam kapsul SpaceX Crew Dragon mendarat dengan selamat di Teluk Meksiko, di lepas pantai Florida setelah misi ilmiah enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Selasa (9/11/2021).
Empat astronot yang diikat di dalam kapsul SpaceX Crew Dragon mendarat dengan selamat di Teluk Meksiko, di lepas pantai Florida setelah misi ilmiah enam bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Selasa (9/11/2021). (NASA)

"Endeavour, atas nama SpaceX, selamat datang di rumah planet Bumi," kata kontrol penerbangan kepada kru saat pendaratan yang aman dikonfirmasi.

Momen tersebut juga diunggah NASA di akun Twitternya.

"Senang bisa kembali," salah satu astronot menjawab melalui radio.

Baca juga: Tidak Apresiasi Perjalanan Obrit SpaceX, Presiden Joe Biden Disentil Elon Musk: Dia Masih Tidur

Aktivitas Astronot di ISS

Sejak tiba di ISS pada 24 April, awak yang terdiri dari dua orang Amerika, seorang Prancis dan satu astronot Jepang, melakukan ratusan percobaan dan membantu meningkatkan panel surya stasiun.

Kegiatan mereka termasuk mendokumentasikan permukaan planet untuk merekam perubahan yang disebabkan manusia dan peristiwa alam, menanam cabai Hatch dan mempelajari cacing untuk lebih memahami perubahan kesehatan manusia di luar angkasa.

Para kru memulai perjalanan pulang delapan jam mereka ke Bumi di Endeavour dengan putaran 90 menit di sekitar ISS untuk mengambil foto, misi pertama sejak pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia melakukan manuver serupa pada 2018.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas