Tribun

Joe Biden Undang Taiwan ke KTT Demokrasi, China dan Rusia Tidak Masuk Daftar

Presiden AS Joe Biden mengundang Taiwan dan lebih dari 100 negara untuk mengikuti KTT virtual untuk demokrasi minggu depan.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Miftah
Joe Biden Undang Taiwan ke KTT Demokrasi, China dan Rusia Tidak Masuk Daftar
MANDEL NGAN, Anthony WALLACE / AFP
Kombinasi gambar file ini menunjukkan Presiden AS Joe Biden (kiri) berbicara di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower di Washington, DC pada 2 Juni 2021; dan Presiden China Xi Jinping berbicara setibanya di bandara internasional Makau pada 18 Desember 2019. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden AS Joe Biden mengundang Taiwan dan lebih dari 100 negara untuk mengikuti KTT virtual untuk demokrasi, CNBC.com melaporkan.

Summit for Democracy atau KTT Demokrasi akan digelar secara online pada 9 dan 10 Desember mendatang.

Dalam daftar peserta yang diterbitkan pada hari Selasa (23/11/2021) di situs web Departemen Luar Negeri, tidak ada China dan Rusia.

Tetapi Amerika Serikat mengundang Taiwan, yang tidak diakui sebagai negara merdeka tetapi dianggap sebagai "model demokrasi."

Mengutip The Guardian, Taiwan adalah wilayah dengan demokrasi dan pemerintahan sendiri.

Tetapi Beijing menganggap Taiwan hanyalah bagian dari provinsi China dan menuduh pemerintah Taiwan melakukan separatisme.

Baca juga: Kapal Perang AS Transit Lagi di Selat Taiwan, China Meradang dan Sebut Tindakan Provokatif

Baca juga: China Marah dan Batasi Hubungan dengan Lithuania Gara-gara Taiwan

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berbicara pada perayaan Hari Nasional Taiwan di Istana Kepresidenan di Taipei, Minggu (10/10/2021).
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berbicara pada perayaan Hari Nasional Taiwan di Istana Kepresidenan di Taipei, Minggu (10/10/2021). (AFP)

Pada hari Rabu (24/11/2021), Zhu Fenglian, juru bicara Kantor Urusan Taiwan China, mengatakan dimasukkannya Taiwan dalam daftar undangan adalah "kesalahan".

Beijing telah lama menentang interaksi resmi antara AS dan wilayah Taiwan.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas