Tribun

Legislator AS Bertemu dengan Presiden Taiwan dalam Kunjungan Kejutan

Lima legislator Amerika Serikat (AS) bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dalam kunjungan kejutan, Kamis  (25/11/2021).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
Legislator AS Bertemu dengan Presiden Taiwan dalam Kunjungan Kejutan
AFP
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memberi isyarat dari pesawat tempur F-16 V buatan AS yang sudah diup-grade selama upacara di Angkatan Udara Chiayi di Taiwan selatan pada Kamis (18/11/2021). 

TRIBUNNEWS.COM - Lima legislator Amerika Serikat (AS) bertemu dengan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dalam kunjungan kejutan, Kamis  (25/11/2021).

Pertemuan itu dimaksudkan untuk menegaskan kembali dukungan penuh Amerika Serikat untuk pemerintah Taiwan.

Melansir Al Jazeera, kelompok legislator bipartisan dari Dewan Perwakilan Rakyat AS tiba di Taiwan pada Kamis malam dan berencana untuk bertemu dengan para pemimpin senior termasuk Tsai, kata American Institute in Taiwan (AIT), kedutaan de facto.

Baca juga: Joe Biden Undang Taiwan ke KTT Demokrasi, China dan Rusia Tidak Masuk Daftar

Baca juga: Kapal Perang AS Transit Lagi di Selat Taiwan, China Meradang dan Sebut Tindakan Provokatif

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memberi isyarat dari pesawat tempur F-16 V buatan AS yang sudah diup-grade selama upacara di Angkatan Udara Chiayi di Taiwan selatan pada Kamis (18/11/2021).
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memberi isyarat dari pesawat tempur F-16 V buatan AS yang sudah diup-grade selama upacara di Angkatan Udara Chiayi di Taiwan selatan pada Kamis (18/11/2021). (AFP)

Tidak ada rincian lebih lanjut yang diberikan tentang rencana perjalanan mereka.

Pertemuan pada Jumat pagi (26/11/2021) itu terjadi ketika ketegangan antara Taiwan dan China meningkat ke level tertinggi dalam beberapa dekade.

China menganggap pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai bagian dari wilayahnya.

“Ketika berita perjalanan kami tersiar kemarin, kantor saya menerima pesan blak-blakan dari Kedutaan Besar China, yang meminta saya untuk membatalkan perjalanan,” tulis Perwakilan Elissa Slotkin, D-Mich, yang merupakan bagian dari delegasi, di Twitter.

Baca juga: 173 Pekerja Migran Indonesia Diberangkatkan ke Taiwan Hari Ini

Baca juga: China Marah dan Batasi Hubungan dengan Lithuania Gara-gara Taiwan

Presiden AS Joe Biden menuju ke Air Force One sebelum berangkat dari Pangkalan Angkatan Udara Andrews di Maryland pada Selasa (16/11/2021). Biden mengeluarkan larangan bagi pejabat Nikaragua memasuki Amerika Serikat terkait pemilihan palsu
Presiden AS Joe Biden menuju ke Air Force One sebelum berangkat dari Pangkalan Angkatan Udara Andrews di Maryland pada Selasa (16/11/2021). Biden mengeluarkan larangan bagi pejabat Nikaragua memasuki Amerika Serikat terkait pemilihan palsu (AFP)

Perwakilan Mark Takano, D-Calif, Colin Allred, D-Texas, Sara Jacobs, D-Calif, dan Nancy Mace, RSC, juga merupakan bagian dari delegasi kunjungan.

“Kami berada di Taiwan minggu ini untuk mengingatkan mitra dan sekutu kami, setelah dua tahun cobaan yang kami alami, bahwa komitmen dan tanggung jawab bersama kami untuk kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan aman tetap lebih kuat dari sebelumnya,” kata Takano.

Takano menambahkan bahwa hubungan AS dengan Taiwan "kokoh dan tetap teguh karena hubungan di antara kami semakin dalam".

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas