Tribun

Xanana Gusmao Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Sophia Jepang

Xanana Gusmao dianugerahi gelar doktor kehormatan di Universitas Sophia (Chiyoda-ku, Tokyo), Jepang, Jumat (26/11/2021).

Editor: Dewi Agustina
Xanana Gusmao Terima Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Sophia Jepang
Foto Mainichi
Xanana Gusmao (75) di hotelnya di Tokyo. Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Xanana Gusmao dianugerahi gelar doktor kehormatan di Universitas Sophia (Chiyoda-ku, Tokyo), Jepang, Jumat (26/11/2021).

"Rekonsiliasi rumah tangga adalah yang paling sulit, tetapi kita harus mengatasi perbedaan dan bekerja sama, dan terus melanjutkan dialog selama bertahun-tahun. Melihat kembali proses rekonsiliasi," kata Xanana Gusmao dalam penganugerahan gelar doktor kehormatan tersebut.

Xanana Gusmao (75) seorang pahlawan independen dan presiden pertama Timor Leste.

Menanggapi sebuah wawancara dengan Mainichi Shimbun di Tokyo pada tanggal 25 November 2021, Xanana menunjukkan bahwa China, yang memperkuat kegiatan militernya di Laut China Selatan, "tidak dapat diselesaikan hanya dengan mengkritiknya. Ini harus didiskusikan dan diselesaikan di bawah hukum internasional."

Baca juga: Sosok Xanana Gusmao, Pria Tua yang Angkat Kardus Bantu Korban Banjir, Sahabat Dekat BJ Habibie

Dia menyebutkan bahwa Timor Leste telah menyelesaikan secara damai sengketa perbatasan laut dengan Australia di bawah Konvensi PBB tentang Hukum Laut, dan meyakinkan.

Australia awalnya menolak untuk berunding, tetapi harus mematuhi hukum internasional.

"Ini adalah satu-satunya cara untuk negara kecil untuk berurusan dengan negara besar," tambahnya.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas