Tribun

Virus Corona

Dua Kasus Varian Omicron Ditemukan di Jerman

Pejabat kesehatan pada Sabtu (26/11/2021) mengatakan dua kasus varian baru virus corona Omicron terdeteksi di negara bagian Bavaria, Jerman selatan.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Miftah
Dua Kasus Varian Omicron Ditemukan di Jerman
Ilustrasi bandara Jerman. Dua orang yang terpapar Omicron tersebut memasuki Jerman dari Bandara Munich pada 24 November 2021 sebelum Afrika Selatan ditetapkan sebagai episentrum varian Omicron. 

TRIBUNNEWS.COM - Dua kasus varian baru virus corona Omicron terdeteksi di negara bagian Bavaria, Jerman selatan.

Pejabat kesehatan pada Sabtu (26/11/2021) mengatakan, satu kasus diduga ditemukan di Jerman barat.

Melansir Reuters, dua orang yang terpapar Omicron tersebut memasuki Jerman dari Bandara Munich pada 24 November 2021 sebelum Afrika Selatan ditetapkan sebagai episentrum varian Omicron.

Baca juga: Mengenal Omicron, Varian Baru Covid-19 yang Terdeteksi di Afrika Selatan, Berpotensi Lebih Menular

Baca juga: Jadi Perhatian WHO, Ini 3 Fakta Varian Baru Virus Corona Omicron Asal Afrika Selatan

Protein lonjakan Omicron dengan mutasi baru terlihat dalam warna merah, biru, emas dan hitam. Dua orang yang terpapar Omicron tersebut memasuki Jerman dari Bandara Munich pada 24 November 2021 sebelum Afrika Selatan ditetapkan sebagai episentrum varian Omicron.
Protein lonjakan Omicron dengan mutasi baru terlihat dalam warna merah, biru, emas dan hitam. Dua orang yang terpapar Omicron tersebut memasuki Jerman dari Bandara Munich pada 24 November 2021 sebelum Afrika Selatan ditetapkan sebagai episentrum varian Omicron. (Pusat Penelitian Virus di Universitas Glasgow)

Kementerian Kesehatan Bavaria menuturkan dua orang tersebut saat ini dalam karantina dan tidak menjelaskan secara eksplisit apakah mereka berasal dari Afrika.

Keduanya melakukan pemeriksaan lebih lanjut setelah mendengar tentang varian Omicron yang memicu kekhawatiran global dan gelombang pembatasan perjalanan.

Kementerian Bavaria mengatakan siapa pun yang telah berada di Afrika Selatan dalam 14 hari terakhir harus segera mengurangi kontak, melakukan tes PCR, dan menghubungi otoritas kesehatan setempat.

"Bavaria telah merespon lebih awal dan cepat untuk varian yang sangat baru," kata juru bicara kementerian.

"Semuanya harus dilakukan untuk menghentikan penyebarannya."

Baca juga: Epidemiologi Sebut Omicron Masih Terdeteksi dengan Tes PCR dan Antigen 

Baca juga: Muncul Varian Omicron, Pengusaha Minta Pemerintah Percepat Vaksinasi

Dari penumpang yang tiba dari Cape Town pada hari Jumat, 50 orang dikarantina di Bavaria.

"Dua penumpang asing dinyatakan positif virus corona dan sedang diselidiki untuk varian Omicron," kata kementerian Bavaria.

Ilustrasi bandara Jerman. Dua orang yang terpapar Omicron tersebut memasuki Jerman dari Bandara Munich pada 24 November 2021 sebelum Afrika Selatan ditetapkan sebagai episentrum varian Omicron.
Ilustrasi bandara Jerman. Dua orang yang terpapar Omicron tersebut memasuki Jerman dari Bandara Munich pada 24 November 2021 sebelum Afrika Selatan ditetapkan sebagai episentrum varian Omicron. ()
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas