Tribun

Kementerian Pertahanan Jepang Tambah Anggaran 773,8 Miliar Yen

Anggaran tambahan ini akan mengamankan biaya proyek yang diperlukan di muka dengan memperkuat sistem pertahanan pulau-pulau.

Editor: Dewi Agustina
Kementerian Pertahanan Jepang Tambah Anggaran 773,8 Miliar Yen
Kontributor Richard Susilo
Markas Besar Kementerian Pertahanan Jepang di Ichigaya Tokyo Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kementerian Pertahanan Jepang telah menambahkan anggaran pertahanan senilai 773,8 miliar yen untuk tahun ini. Penambahan anggaran tersebut telah diputuskan oleh rapat kabinet luar biasa baru-baru ini.

"Anggaran tambahan pertahanan Jepang ini menjadikan yang terbesar dalam sejarah Jepang selama ini karena memang terasa ada ancaman dari luar," ungkap sumber Tribunnews.com, Jumat (3/12/2021).

Ketika lingkungan keamanan di sekitar Jepang menjadi lebih parah, Kementerian Pertahanan Jepang telah memposisikan anggaran tambahan ini dan anggaran tahun depan sebagai "paket percepatan untuk memperkuat kemampuan pertahanan," dan melihat ke barat daya dengan mempertimbangkan China karena memperkuat kemampuan pertahanan rudal dan kelautannya.

Sumber Tribunnews.com mengatakan, bahwa itu akan mengamankan biaya proyek yang diperlukan di muka dengan memperkuat sistem pertahanan pulau-pulau.

"Secara khusus, berdasarkan fakta bahwa Korea Utara telah berulang kali meluncurkan rudal balistik, itu adalah 44,1 miliar yen untuk akuisisi versi perbaikan dari rudal pencegat berbasis darat PAC3 untuk segera memperkuat kemampuan pertahanan rudalnya," ujarnya.

Baca juga: Pendapatan Dana Politik PM Jepang Fumio Kishida Paling Tinggi, Jumlahnya Capai 156,53 Juta Yen

Jepang telah mengalokasikan 40,3 miliar yen untuk pembelian suku cadang yang diperlukan untuk pemeliharaan dan pemeliharaan sistem anti rudal Patriot.

Selain itu, akuisisi tiga pesawat patroli P1 adalah 65,8 miliar yen, dan akuisisi satu pesawat angkut C2 adalah 24,3 miliar yen.

Menurut Kementerian Pertahanan Jepang, semuanya dimasukkan dalam permintaan anggaran untuk tahun anggaran berikutnya.

Dengan menambahkannya ke anggaran tambahan kali ini lebih cepat dari jadwal, waktu pengiriman akan dipercepat sekitar 3 bulan menjadi 6 bulan.

"Bahkan mungkin akan lebih cepat lagi," ujar dia.

Selain itu, dalam anggaran tambahan ini, biaya pembangunan fasilitas baru sebesar 80,1 miliar yen telah ditambahkan ke rencana untuk merelokasi pangkalan militer AS Futenma di Okinawa ke Henoko, Kota Nago.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas