Tribun

Para Atlet Olimpiade Asing Kaget Bisa Minum Air Langsung dan Enak dari Ledeng Jepang

Air ledeng pun bisa diminum langsung sehat dan enak membuat atlit Olimpiade dari luar Jepang banyak yang kaget.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Para Atlet Olimpiade Asing Kaget Bisa Minum Air Langsung dan Enak dari Ledeng Jepang
Foto Richard Susilo
Museum Sains Air Tokyo beserta mesin air ledeng yang bisa langsung diminum (kiri) dan Direkturnya, Yasuko Akimoto (insert kanan bawah). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Teknologi penyaringan air Jepang mungkin yang terbaik di dunia.

Air ledeng pun bisa diminum langsung sehat dan enak membuat atlit Olimpiade dari luar Jepang banyak yang kaget.

"Banyak atlit Olimpiade asing saat Agustus/September lalu diselenggarakan, mereka datang ke sini dan kaget karena minum air ledeng biasa begitu saja bisa diminum dan enak," papar Museum Sains Air Tokyo, Yasuko Akimoto kepada Tribunnews.com kemarin (16/12/2021).

Hal ini memungkinkan karena memang sumber air ledeng di Tokyo berasal dari tempat penyaringan yang memiliki teknologi mungkin tercanggih di dunia saat ini.

"Kita tak pernah memasukkan teknologi dari luar semua dikembangkan di Jepang sendiri. Paling-paling orang luar negeri belajar ke Jepang dan kami bantu menjelaskan semua teknologi yang kami gunakan di sini," papar Makoto Muto, Direktur Koordinasi Perencanaan Biro Penyaringan Air Tokyo kepada Tribunnews.com kemarin (16/12/2021).

Di Museum Sains Air Tokyo kita juga bisa melihat proses penyaringan air yang dilakukan di Tokyo dari sunga Tone dan sungai Tama yang ditampung kemudian diproses dan disaring dengan teknologi terbaik Jepang.

Lokasi untuk merasakan air minum asli Jepang, dari ledeng dengan rasa enak dan bersih serta sehat bisa kita rasakan di lantai satu Museum Sains Air Tokyoyang terletak di 3-1-8 Ariake Kotoku Tokyo dari jam 9:30-jam 17.00 waktu Jepang.

Bagi anak-anak juga dapat merasakan berenang di sana dengan kapsul transparan bulat sehingga dari atas kita bisa melihat mereka seperti kepala gurita, tempat anak-anak bermain bersama.

Tahun 2012 Museum tersebut juga mendapatkan Innovation Award dari Asosiasi Air Dunia (IWA) karena ide-ide kreatifnya bagi anak-anak sekolah dasar dan keterlibatan anak-anak dengan dunia air.

Demikian pula karena berhasil dalam marketing dan komunikasi di Tokyo kepada anggota masyarakat.

"Memang menarik Museum ini terutama bagi yang punya anak serta umum, agar dapat berkunjung ke sini untuk mengenal lebih jauh air penting air bagi kehidupan manusia kini dan masa mendatang," papar Akimoto lebih lanjut.

Museum didirikan tahun 1997 milik pemda Tokyo dan menuju ke sana hanya 8 menit berjalan kaki dari Stasiun Yurikamome Tokyo Big Sight. Atau 8 menit berjalan kaki dari Stasiun Pusat Pameran Internasional (Kokusai Tenjijo) Jalur Rinkai.

Pendidikan mengenai air beserta teknologinya menarik dengan belajar di Jepang menggunakan beasiswa yang ada, bisa ditanyakan lewat email :  info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas