Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengakuan Eks Presiden Afghanistan yang Kabur Tinggalkan Kabul: Tak Ada Pilihan Saat Itu

Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengaku tak punya pilihan selain tiba-tiba meninggalkan Kabul ketika Taliban mengambilalih.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pengakuan Eks Presiden Afghanistan yang Kabur Tinggalkan Kabul: Tak Ada Pilihan Saat Itu
PRESS OFFICE OF PRESIDENT OF AFGHANISTAN / AFP
Foto resmi yang diambil pada 7 Agustus 2020 dan dirilis oleh Kantor Pers Presiden Afghanistan, memperlihatkan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani memberi isyarat jari telunjuk saat ia berbicara pada hari pertama pertemuan akbar majelis Loya Jirga di Aula Loya Jirga di Kabul. Ribuan warga Afghanistan memulai pertemuan selama tiga hari di Kabul pada 7 Agustus untuk memutuskan apakah akan membebaskan sekitar 400 tahanan Taliban. 

TRIBUNNEWS.COM - Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengaku tak punya pilihan selain tiba-tiba meninggalkan Kabul ketika Taliban mengambil alih.

Ghani membantah laporan mantan pejabat Afghanistan dan AS yang menyebut ada kesepakatan yang tengah dirundingkan untuk pengambilalihan secara damai.

Dalam wawancara dengan BBC yang disiarkan pada Kamis (30/12/2021), Ghani mengatakan bahwa seorang penasihat memberinya waktu hanya beberapa menit untuk memutuskan meninggalkan Ibu Kota Kabul.

Baca juga: Wanita Afghanistan di Kabul Tuntut Taliban Hormati Hak Perempuan dan Minta Hentikan Mesin Kriminal

Baca juga: Taliban Larang Wanita Afghanistan Berpergian Jauh Tanpa Ditemani Kerabat Pria

Ashraf Ghani muncul pertama kali Rabu (18/8/2021) sejak ia meninggalkan Kabul saat Taliban mengepung ibu kota Afghanistan. Dalam pernyataan virtualnya, Ghani menyangkal membawa lari uang negara seperti dituduhkan.
Ashraf Ghani muncul pertama kali Rabu (18/8/2021) sejak ia meninggalkan Kabul saat Taliban mengepung ibu kota Afghanistan. Dalam pernyataan virtualnya, Ghani menyangkal membawa lari uang negara seperti dituduhkan. (AFP/FACEBOOK)




Ia juga membantah tuduhan yang beredar luas bahwa dia meninggalkan Afghanistan dengan jutaan uang curian.

"Saya ingin dengan tegas menyatakan, saya tidak membawa uang ke luar negeri," katanya.

“Gaya hidup saya diketahui semua orang. Apa yang akan saya lakukan dengan uang?" ujarnya.

Dilansir Al Jazeera, kepergian Ghani yang mendadak dan terkesan dirahasiakan pada 15 Agustus 2021 membuat Afghanistan tak berdaya saat pasukan AS dan NATO berada di tahap akhir penarikan mereka.

BERITA TERKAIT

"Pada pagi hari itu, saya tidak punya firasat bahwa sore hari saya akan pergi," tuturnya kepada radio BBC.

Baca juga: Ratusan Warga Afghanistan Demo Tuntut Pembebasan Aset: Biarkan Kami Makan

Baca juga: Jepang akan Beri Sumbangan 100 Juta Dolar AS untuk Afghanistan

Foto resmi yang diambil pada 7 Agustus 2020 dan dirilis oleh Kantor Pers Presiden Afghanistan, memperlihatkan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani memberi isyarat jari telunjuk saat ia berbicara pada hari pertama pertemuan akbar majelis Loya Jirga di Aula Loya Jirga di Kabul. Ribuan warga Afghanistan memulai pertemuan selama tiga hari di Kabul pada 7 Agustus untuk memutuskan apakah akan membebaskan sekitar 400 tahanan Taliban.
Foto resmi yang diambil pada 7 Agustus 2020 dan dirilis oleh Kantor Pers Presiden Afghanistan, memperlihatkan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani memberi isyarat jari telunjuk saat ia berbicara pada hari pertama pertemuan akbar majelis Loya Jirga di Aula Loya Jirga di Kabul. Ribuan warga Afghanistan memulai pertemuan selama tiga hari di Kabul pada 7 Agustus untuk memutuskan apakah akan membebaskan sekitar 400 tahanan Taliban. (PRESS OFFICE OF PRESIDENT OF AFGHANISTAN / AFP)

Pernyataannya bertentangan dengan klaim narasumber lain.

Mantan Presiden Hamid Karzai mengatakan kepada kantor berita AP dalam sebuah wawancara awal bulan ini bahwa kepergian Ghani telah membatalkan kesempatan bagi negosiator pemerintah untuk mencapai kesepakatan dengan Taliban.

Sebelumnya, Taliban berkomitmen untuk tinggal di luar Ibu Kota.

Ghani dalam wawancara dengan Jenderal Sir Nick Carter, mantan kepala staf pertahanan, mengatakan ia melarikan diri "untuk mencegah kehancuran Kabul".

Ia mengklaim dua faksi Taliban yang bersaing menyerang kota itu dan siap untuk masuk dan melancarkan serangan.

Namun, tidak ada bukti tentang masuknya Taliban dari faksi-faksi saingan yang dimaksud Ghani.

Baca juga: Negara-negara Islam Janjikan Bantuan untuk Atasi Krisis Afghanistan

Kaburnya Ghani berarti tranfer kekuasaan secara damai tidak mungkin dilakukan dan membiarkan Taliban mengisi kekosongan kekuasaan.

Banyak orang Afghanistan kini menuduh Ghani, yang sekarang berada di Uni Emirat Arab (UEA), menyerahkan mereka (masyarakat) kepada Taliban.

Pengambilalihan Taliban disambut dengan ketakutan yang meluas dan keinginan banyak orang untuk melarikan diri dari tanah air.

Berita lain terkait Ashraf Ghani

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas