Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pakar Inggris Sebut Omicron Sebagai 'Sinar Cahaya' untuk Mengakhiri Pandemi

Varian Omicron yang sangat menular diketahui menyebabkan gejala yang jauh lebih ringan dibandingkan strain sebelumnya yakni Delta.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Pakar Inggris Sebut Omicron Sebagai 'Sinar Cahaya' untuk Mengakhiri Pandemi
AFP/LIONEL BONAVENTURE
OMICRON - Foto Ilustrasi ini diambil di Toulouse, barat daya Prancis, pada 1 Desember 2021 menunjukkan jarum suntik dan layar yang menampilkan Omicron, nama varian baru covid 19. - Omicron telah menjadi jenis virus corona utama di Prancis di mana jumlah infeksi telah mengalami peningkatan besar dalam beberapa hari terakhir, kata badan kesehatan masyarakat negara itu. "62,4 persen tes menunjukkan profil yang kompatibel dengan varian Omicron" pada awal minggu ini, dibandingkan dengan 15 persen pada minggu sebelumnya, kata agensi tersebut. (Lionel BONAVENTURE / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Seorang penasihat ilmiah pemerintah Inggris menyebut varian baru virus corona (Covid-19) Omicron sebagai 'sinar cahaya' dalam masa pandemi ini.

Profesor Pemodelan Penyakit Menular Universitas Warwick sekaligus anggota kelompok Pemodelan Influenza Pandemi Ilmiah (SPI-M) pemerintah Inggris, Dr Mike Tildesley mengatakan bahwa munculnya varian yang memiliki gejala tidak terlalu parah seperti Omicron akan mengubah Covid-19 menjadi penyakit musiman yang tidak berbahaya.




"Hal yang mungkin terjadi di masa depan adalah anda mungkin melihat munculnya varian baru yang lebih ringan. Pada akhirnya, dalam jangka panjang, yang terjadi adalah Covid-19 menjadi endemik dan anda memiliki versi yang lebih ringan," kata Dr Tildesley.

Dikutip dari laman Sputnik News, Minggu (9/1/2022), varian Omicron yang sangat menular diketahui menyebabkan gejala yang jauh lebih ringan dibandingkan strain sebelumnya yakni Delta.

Baca juga: Kasus Omicron Bertambah, Total Jadi 318 Pasien, Kemenkes: 99 Persen Bergejala Ringan atau OTG

Omicron hampir sepenuhnya menggantikan dominasi Delta di banyak negara, termasuk di Afrika Selatan, tempat kali pertama varian ini diidentifikasi, serta Inggris.

Akademisi itu menyampaikan bahwa pandemi pada akhirnya akan menyebar seperti flu biasa dan virus lain yang telah menjadi endemik selama bertahun-tahun.

BERITA TERKAIT

"Kami belum cukup sampai di sana, namun mungkin Omicron adalah sinar cahaya pertama yang menunjukkan bahwa itu mungkin terjadi dalam jangka panjang. Varian ini tentu saja jauh lebih menular dibandingkan Delta, namun efeknya jauh lebih ringan," jelas Tildesley.

Sementara Sosiolog dari Nottingham Trent University sekaligus mantan anggota Komite Gabungan Pemerintah untuk Vaksinasi dan Imunisasi (JCVI), Profesor Robert Dingwall memperingatkan bahwa perlu waktu berminggu-minggu hingga tingkat kematian yang diakibatkan Omicron dapat diketahui secara pasti.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas