Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

'Ice Pancake' Misterius Terlihat di Danau Michigan AS

Formasi es misterius yang menyerupai pancake beku telah terlihat di berbagai bagian Danau Michigan dekat kota Chicago, Amerika Serikat (AS).

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in 'Ice Pancake' Misterius Terlihat di Danau Michigan AS
EPA via bbc.com
ilustrasi.Cuaca dingin ekstrem landa Amerika Serikat, uap terlihat di permukaan Danau Michigan, Chicago. 

TRIBUNNEWS.COM, CHICAGO - Formasi es misterius yang menyerupai pancake beku telah terlihat di berbagai bagian Danau Michigan dekat kota Chicago, Amerika Serikat (AS).

Bentuk 'ice pancake' itu dapat dilihat di Rainbow Beach di South Shore Danau Michigan, karena wilayah Great Lakes di AS tetap dalam kondisi cuaca dingin.

Dikutip dari laman Sputnik News, Senin (24/1/2022), Andrea Vander Woude dari Laboratorium Penelitian Lingkungan Danau Besar Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS, mengatakan bahwa ice pancake ini adalah fenomena alam yang 'sangat menarik', mengingat es ini membutuhkan suhu tertentu untuk terbentuk.




Ia kemudian menjelaskan bahwa es seperti itu 'biasanya terbentuk tepat di bawah titik beku, dan di daerah yang memiliki sedikit aksi gelombang'.

Menurutnya, setidaknya ada 2 faktor utama yang secara signifikan menambah munculnya formasi es ini, sebuah fenomena yang sangat terbatas pada badan air, seperti danau, sungai, serta laut dan samudera.

Baca juga: Pantow Tewas Tenggelam Saat Menyelamatkan Abangnya yang Kelelahan Berenang di Danau Toba

"Ini akan terbentuk di atas air yang tertutup sedikit lumpur, dan kemudian perlahan-lahan membentuk lingkaran pancake seperti yang anda lihat. Atau bisa juga dari pecahnya es, dan gelombang tinggi serta kondisi angin," kata Woude.

Para ilmuwan menunjukkan bahwa fenomena ice pancake tidak jarang terjadi di Kutub Utara, dan hanya muncul di Great Lakes karena cuaca dingin yang ekstrem.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas