Tribun

Pemerintah Kota Beijing Lakukan Pencegahan Penularan Covid-19 Sebelum Dimulainya Olimpiade

Pemerintah kota Beijing pada hari Minggu melakukan langkah-langkah baru untuk mencegah wabah Covid-19

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Pemerintah Kota Beijing Lakukan Pencegahan Penularan Covid-19 Sebelum Dimulainya Olimpiade
AFP/JADE GAO
Pekerja memasang instalasi yang menampilkan maskot Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade Beijing 2022, di sepanjang jalan di Beijing pada 11 Januari 2022. (Photo by Jade Gao / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah kota Beijing pada hari Minggu melakukan langkah-langkah baru untuk mencegah wabah Covid-19 ketika Ibu Kota China tersebut terus melaporkan adanya kasus infeksi Covid-19 baru. Pencegahan itu semakin massif sebelum dimulainya Olimpiade musim dingin.

Komisi Kesehatan Nasional mengatakan, pada Sabtu (22/1/2022) terdapat sembilan kasus yang ditularkan secara lokal ditemukan di Beijing sedangkan enam di antaranya berada di distrik Fengtai kota.

Sementara itu, Distrik Fengtai akan mengadakan tes massal Covid-19 untuk semua penduduknya pada hari Minggu, kata otoritas kesehatan distrik setempat.

Baca juga: Cegah Aksi Spionase, Negara Ini Larang Atletnya Bawa Ponsel Pada Olimpiade Beijing 2022

Pihak berwenang telah meminta penduduk "daerah berisiko", termasuk lingkungan Fengtai, untuk tidak meninggalkan kota, seperti dikatakan juru bicara pemerintah setempat pada konferensi pers hari Minggu. Penduduk Fengtai juga diminta untuk menghindari pertemuan massal.

Pemerintah Kota Beijing juga meminta penduduknya untuk proaktif melakukan tes Covid-19 apabila merasakan gejala seperti Covid-19 dalam 14 hari ketika kembali dari luar negeri, kata otoritas setempat dalam sebuah pernyataan tertanggal Sabtu.

Sampai saat ini, China melaporkan adanya 56 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 baru pada 22 Januari, turun dari 63 kasus sehari sebelumnya, kata Komisi Kesehatan Nasional.

Baca juga: Sebelum Olimpiade Musim Dingin, Beijing Laporkan Kasus Omicron Lokal Pertama

"Dari kasus baru, 19 merupakan transmisi lokal, dibandingkan 23 sehari sebelumnya," katanya.

Jumlah kasus baru tanpa gejala turun menjadi 34 orang dari sebelumnya 43 orang. Tidak ada kematian baru, sehingga jumlah korban tewas di 4.636. Hingga 22 Januari 2022, China telah mengkonfirmasi 105.603 kasus Covid-19.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas