Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Invasi Ukraina, Final Liga Champions 2022 Dipindahkan ke Paris

UEFA telah memindahkan lokasi final Liga Champions pada 28 Mei 2022 ke Paris yang awalnya diselenggarakan di St Petersburg,

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Sanusi
zoom-in Rusia Invasi Ukraina, Final Liga Champions 2022 Dipindahkan ke Paris
AFP/GLYN KIRK
Bek Chelsea asal Brasil, Thiago Silva (kiri) berebut bola dengan bek Lille asal Kosovo, Edon Zhegrova dalam laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions antara Chelsea melawan Lille (LOSC) di Stadion Stamford Bridge, London, Inggris, Rabu (23/2/2022) dini hari WIB. Chelsea berhasil menaklukkan tim tamu dengan skor 2-0 (1-0). AFP/IKIMAGES/GLYN KIRK 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM – Menyusul invasi Rusia ke Ukraina, UEFA telah memindahkan lokasi final Liga Champions pada 28 Mei 2022 ke Paris yang awalnya diselenggarakan di St Petersburg.

Dilansir dari situs CNBC, Sabtu (26/2/2022) komite eksekutif UEFA mengadakan pertemuan darurat pada hari Jumat waktu setempat dan memutuskan untuk memindahkan lokasi final Liga Champions ke Stade de France dari Gazprom Arena yang berkapasitas 68.000 di kota asal Vladimir Putin.

Baca juga: Penambangan Bitcoin Terus Berjalan, Walaupun Rusia Mendapat Sanksi dari AS dan Negara Barat

Sebuah pernyataan UEFA mengatakan: “Komite Eksekutif UEFA hari ini mengadakan pertemuan luar biasa menyusul eskalasi situasi keamanan di Eropa.

Komite Eksekutif UEFA memutuskan untuk memindahkan final Liga Champions UEFA 2021/22 dari Saint Petersburg ke Stade de France di Saint-Denis. Pertandingan akan dimainkan seperti yang dijadwalkan pada Sabtu 28 Mei 2022.

UEFA menyampaikan terima kasih dan penghargaannya kepada Presiden Republik Prancis, Emmanuel Macron atas dukungan dan komitmen pribadinya untuk memindahkan pertandingan paling bergengsi sepak bola klub Eropa ke Prancis pada saat krisis yang tak tertandingi.

Baca juga: Barat Terlalu Lambat, Ukraina Ajak Warga Eropa Ikut Angkat Senjata Lawan Invasi Rusia

Selain itu, Komite eksekutif juga memutuskan klub dan tim nasional Rusia dan Ukraina yang bersaing di kompetisi UEFA akan diminta untuk memainkan pertandingan kandang mereka di tempat netral sampai pemberitahuan lebih lanjut.

BERITA TERKAIT

Ini akan mempengaruhi pertandingan Spartak Moscow di Liga Europa dan juga timnas Rusia dan Ukraina di Nations League 2022-23 yang akan berlangsung pada Juni mendatang.

Sementara itu, FIFA belum mengambil keputusan tentang apa yang harus dilakukan mengenai pertandingan play-off Piala Dunia bulan depan.

Rusia menjamu Polandia di semifinal play-off pada 24 Maret dan kemudian akan menghadapi pemenang semifinal Swedia vs Republik Ceko di Rusia untuk memperebutkan satu tempat di Qatar.

Sedangkan, Ukraina akan menghadapi Skotlandia di Hampden Park dalam semifinal play-off pada 24 Maret, tetapi pertandingan itu juga diragukan karena liga Ukraina ditangguhkan menyusul invasi.

Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan pada Kamis bahwa organisasinya akan melihat masalah ini dengan "urgensi" tetapi mengatakan dia berharap situasinya akan diselesaikan bulan depan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas