Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Amerika Serikat Berikan Perlindungan Sementara Kepada Puluhan Ribu Imigran Ukraina

Mayorkas mengatakan bahwa invasi militer Rusia skala penuh telah menyebabkan krisis kemanusiaan yang membuat mereka tidak aman untuk kembali

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Amerika Serikat Berikan Perlindungan Sementara Kepada Puluhan Ribu Imigran Ukraina
AFP/WOJTEK RADWANSKI
Pengungsi dari Ukraina berbaris untuk masuk ke Polandia melalui penyeberangan perbatasan di Medyka, di Polandia timur pada 28 Februari 2022. Amerika Serikat Berikan Perlindungan Sementara Kepada Puluhan Ribu Imigran Ukraina 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat, Alejandro Mayorkas mengatakan pihaknya memberikan perlindungan sementara kepada puluhan ribu warga Ukraina yang tinggal di AS.

Mayorkas mengatakan bahwa invasi militer Rusia skala penuh telah menyebabkan krisis kemanusiaan yang membuat mereka tidak aman untuk kembali.

Penetapan “status dilindungi sementara,” atau TPS, akan memungkinkan imigran untuk tinggal dan bekerja di Amerika Serikat selama 18 bulan ke depan tanpa takut dideportasi, selama mereka mengajukan permohonan dan lulus pemeriksaan latar belakang.

Baca juga: Hari ke-9 Hari Invasi Rusia ke Ukraina: Kebakaran PLTN Terbesar di Eropa Hingga Ancaman Putin

“Serangan Rusia yang direncanakan dan tidak diprovokasi di Ukraina telah mengakibatkan perang yang berkelanjutan, kekerasan yang tidak masuk akal, dan warga Ukraina terpaksa mencari perlindungan di negara lain,” kata Mayorkas.

“Dalam masa yang luar biasa ini, kami akan terus menawarkan dukungan dan perlindungan kami kepada warga negara Ukraina di Amerika Serikat,” tambahnya.

Dikutip dari situs Washington Post, Jumat (4/3/2022) langkah Mayorkas ini mengikuti seruan dari anggota parlemen Demokrat dan Republik serta kelompok advokasi imigran untuk memberikan status khusus kepada warga negara Ukraina di Amerika Serikat.

BERITA REKOMENDASI

Puluhan senator yang dipimpin Robert Menendez (DN.J.), Richard J. Durbin (D-Ill.), Chris Van Hollen (D-Md.) dan Rob Portman (R-Ohio) menulis surat kepada Presiden Biden, mendesak pemerintahannya untuk memberikan perlindungan kepada imigran yang sudah berada di Amerika Serikat.

Baca juga: Jenderal Top Rusia Andrei Sukhovetsky Tewas Ditembak Sniper Tentara Ukraina

Imigran yang memenuhi syarat untuk TPS yakni telah tinggal di Amerika Serikat sejak 1 Maret, kata DHS dalam pernyataan itu, dan lulus pemeriksaan latar belakang keamanan.

Siapa pun yang mencoba melakukan perjalanan ke Amerika Serikat setelah tanggal tersebut mungkin tidak berlaku, kata para pejabat. Status berlaku setelah diterbitkan dalam Daftar Federal.

Sebuah undang-undang tahun 1990 memberi wewenang kepada pihak Keamanan Dalam Negeri AS, untuk menetapkan status perlindungan, memungkinkan warga negara asing untuk tinggal dan bekerja sementara di AS selama perang, bencana alam atau kondisi luar biasa lainnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas