Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

NATO Sebut Militer Belarusia Siap Bergabung dengan Rusia dalam Perang di Ukraina

Sebuah sumber oposisi Belarusia mengatakan, pasukan tempur Belarusia siap untuk pergi ke Ukraina dalam beberapa hari ke depan dengan ribuan pasukan.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in NATO Sebut Militer Belarusia Siap Bergabung dengan Rusia dalam Perang di Ukraina
AFP/MAXIM GUCHEK
Sebuah foto yang diambil pada 17 Februari 2022 menunjukkan pengangkut personel lapis baja (APC) Belarusia selama latihan gabungan angkatan bersenjata Rusia dan Belarusia sebagai bagian dari inspeksi Pasukan Respons Negara Serikat, di lapangan tembak dekat kota Osipovichi di luar Minsk. (Photo by Maxim GUCHEK / BELTA / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – AS dan NATO meyakini Belarusia segera bergabung dengan Rusia dalam perang melawan Ukraina.

Hal tersebut dikatakan pejabat AS dan NATO kepada CNN.

"Semakin "memungkinkan" Belarus akan memasuki konflik," kata seorang pejabat militer NATO yang dikutip oleh CNN, Rabu (23/3/2022).

Baca juga: Setelah Uni Eropa, Raja Minyak Rusia Roman Abramovich Bakal Kena Sanksi AS

“Presiden Rusia Vladimir Putin membutuhkan dukungan. Apa pun akan membantu," kata pejabat itu.

Sebuah sumber oposisi Belarusia mengatakan, pasukan tempur Belarusia siap untuk pergi ke Ukraina  dalam beberapa hari ke depan dengan ribuan pasukan.

Seorang pejabat senior intelijen NATO mengatakan, secara terpisah aliansi tersebut menilai pemerintah Belarusia sedang mempersiapkan lingkungan untuk membenarkan serangan Belarusia terhadap Ukraina.

BERITA REKOMENDASI

Rusia telah melancarkan serangannya ke Ukraina sebagian dari wilayah Belarusia, dan ribuan tentara Rusia berkumpul di Belarus menjelang invasi Kremlin ke Ukraina bulan lalu, yang diklaim kedua negara untuk latihan.

Belarus bergerak untuk mengubah konstitusinya bulan lalu yang memungkinkan negara itu menjadi tuan rumah bagi pasukan Rusia dan senjata nuklir secara permanen, meskipun para pejabat AS telah menekankan mereka belum melihat bukti Rusia memindahkan atau mempersiapkan senjata nuklir.

Baca juga: Belarusia Disebut-sebut Bakal Terlibat Perangi Ukraina, 15 Siap Bantu Tentara Rusia

Pejabat militer NATO mengatakan, keputusan akhir untuk keterlibatan Belarus dalam perang masih harus dibuat di Moskow, namun belum ada indikasi pasukan Belarusia berpartisipasi dalam pertempuran di Ukraina.

Pejabat itu tidak akan merinci bagaimana Belarus dapat campur tangan dalam perang, tetapi mengatakan masuk akal bagi Rusia untuk mencoba dan memotong bantuan militer NATO yang masuk ke Ukraina dari perbatasan Baratnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas