Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kota Kyiv Segera Jatuh ke Tangan Rusia

Pasukan Rusia masih akan terus bergerak dan menguasai sejumlah wilayah di Ukraina, termasuk di antaranya adalah Kota Kyiv.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kota Kyiv Segera Jatuh ke Tangan Rusia
AFP
Sebuah gambar menunjukkan pesawat kargo Ukraina Antonov An-225 "Mriya" yang hancur, yang merupakan pesawat terbesar di dunia, di lapangan terbang Hostomel, barat laut ibukota Ukraina Kyiv pada 8 April 2022, selama invasi militer Rusia diluncurkan ke Ukraina. Pesawat terbesar di dunia - pesawat kargo Antonov-225 Ukraina - dihancurkan oleh serangan Rusia di luar Kyiv pada hari keempat invasi Moskow, kata kelompok Ukroboronprom milik negara Ukraina. Pesawat itu unik di dunia, dengan panjang 84 meter dapat mengangkut hingga 250 ton kargo dengan kecepatan hingga 850 kilometer per jam. 

TRIBUNNEWS.COM, CHECHNYA - Kota Kyiv di Ukraina sebentar lagi akan jatuh ke tangan pasukan Rusia. Kabar itu disampaikan Pemimpin Republik Chechnya, Ramzan Kadyrov, hari ini Senin (11/4/2022).

Ramzan menyebutkan, pasukan Rusia masih akan terus bergerak dan menguasai sejumlah wilayah di Ukraina, termasuk di antaranya adalah Kota Kyiv.

Lewat kanal Telegramnya, Kadyrov juga menyebut serangan-serangan masih akan terus terjadi untuk membebaskan wilayah Luhansk dan Donetsk secara penuh.

"Di sini akan ada serangan, tidak hanya di Mariupol, tetapi juga di tempat lain, kota dan desa. Luhansk dan Donetsk, pertama-tama kami akan membebaskannya secara penuh, dan kemudian mengambil alih Kiev dan semua kota lainnya," kata Kadyrov seperti dikutip Reuters.

Kadyrov menegaskan tidak ada keraguan tentang mengambil alih Kyiv. Ia menegaskan bahwa pasukan Rusia tidak akan mundur.

Baca juga: Kuburan Massal Warga Sipil Ukraina Ditemukan di Dekat Kyiv

Kadyrov, yang sering menggambarkan dirinya sebagai kaki dari Presiden Vladimir Putin, telah berulang kali dituduh oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa melakukan pelanggaran hak. Namun, Kadyrov selalu menyangkalnya.

Sebelum tunduk pada Rusia seperti saat ini, wilayah Chechnya telah dua kali berperang dengan pasukan Rusia sejak Uni Soviet pecah pada 1991.

Baca juga: Pasukan Rusia Mundur, Ukraina Klaim Seluruh Wilayah Kyiv Berhasil Direbut Kembali

BERITA TERKAIT

Wilayah berpenduduk mayoritas Muslim di Rusia selatan ini akhirnya tunduk setelah pemerintah Rusia menggelontorkan sejumlah besar uang ke wilayah itu untuk pembangunan. Putin juga memberi Kadyrov otonomi yang sangat luas pada Chechnya.

Pekan lalu, Penasihat keamanan nasional Presiden AS Joe Biden, Jake Sullivan, menyebut Rusia berencana mengubah strategi perangnya dengan menumpuk ribuan pasukan di wilayah timur dan selatan Ukraina.

Baca juga: Ukraina Sebut Lebih dari 1.200 Mayat Ditemukan di Dekat Kyiv

Di wilayah selatan, Rusia diprediksi akan berusaha menahan kota Kherson untuk mengontrol aliran air ke Krimea, wilayah yang mereka caplok taun 2014 silam.

Langkah selanjutnya yang diprediksi AS adalah Rusia akan melancarkan serangan udara dan rudal yang lebih intens di seluruh wilayah Ukraina.

Rusia kini terus didesak untuk segera masuk ke ruang pengadilan setelah adanya indikasi kejahatan perang di Bucha, wilayah sekitar ibukota Kiev.

Hari Minggu (3/4/2022) pekan lalu, ratusan jasad warga sipil ditemukan di jalan-jalan Bucha. Beberapa di antaranya dalam kondisi terikat dan ditembak dari jarak dekat.

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo | Sumber: Kontan

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas