Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bukan Olimpiade Tokyo Saja, Ada Daerah Buat Nomor Polisi Mobil Bergambar Lagi Trendi di Jepang

Di Jepang saat ini nomor plat mobil bergambar di suatu daerah misalnya Katsushika-ku Tokyo lagi trend saat ini karena memang cantik berwarna plat nomo

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Bukan Olimpiade Tokyo Saja, Ada Daerah Buat Nomor Polisi Mobil Bergambar Lagi Trendi di Jepang
Richard Susilo
Nomor polisi kendaraan bermotor di Katsushika-ku Tokyo dengan desain budaya Jepang yang berwarna dan cantik 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Di Jepang saat ini nomor plat mobil bergambar di suatu daerah misalnya Katsushika-ku Tokyo lagi trend saat ini karena memang cantik berwarna plat nomor kendaraan tersebut (lihat foto).

"Kita usulkan 2018 lalu terpilih 8 desain gambar dan yang nomor 6 atau satu desain tersebut yang akhirnya terpilih bisa dipakai sebagai plat nomor polisi Katsushika-ku Tokyo Jepang sejak 2020 digunakan pada kendaraan bermotor," papar Murasugi pejabat pemda Katsushikaku kepada Tribunnews.com Rabu (20/4/2022).

Pemunculan desain gambar cerminan budaya Jepang itu sebagai solusi banyak yang sudah bosan dengan plat nomor polisi yang polos hingga saat ini.

Dalam surveinya tahun 2018 dari 5784 suara yang masuk, terungkap 64% masyarakat ingin plat nomor polisi kendaraannya bergambar.

Lalu dimunculkanlah 8 desain yang semuanya cerminan budaya Jepang dengan full-color.

Akhirnya terpilih nomor 6 dengan motif : Shobu, sungai, kingfisher Sungai Edogawa, Nakagawa, dan Arakawa, serta bunga iris dan kingfisher yang mekar di tepi air diekspresikan dalam gaya tekstil.

BERITA REKOMENDASI

Apabila kini kita memiliki plat nomor yang polisi, apakah bisa diganti dengan yang bermotifkan gambar cantik tersebut?

"Tentu saja bisa apabila memang penduduk Katsushika-ku. Plat nomor mobil itu akan berlaku seterusnya."

Lalu apakah perlu tambahan biaya?

Untuk motor tambah 7380 yang memiliki warna monotone. Sedangkan untuk mobil tambahan 7440 yen untuk monotone.

"Sedangkan untuk full-color plat nomor desain cantik itu dengan menambahkan 1000 yen yang dianggap sebagai sumbangan sukarela," tambahnya lagi.

Sampai saat ini menurutnya tidak ada orang yang komplain mengenai plat nomor cantik tersbeut. Kebalikannya malah semakin trendi dan semakin banyak yang memuji pemunculan desain budaya ala budaya Jepang yang cantik itu jadi plat nomor kendaraan bermotor di Jepang saat ini.

Bagi pengendaranya juga terasa semakin bertambah kepercayaan dirinya.

"Mobil saya pakai plat nomor bermotif cantik itu rasanya bangga, dan saya nyetir juga terasa lebih mantap rasanya," papar Izumiya warga Katsushika kepada Tribunnews.com.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas