Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Dituding Curi 400 Ribu Ton Gandum Ukraina

Pemerintah Ukraina menyebut 'penjarahan' merupakan bagian dari kebijakan negara Rusia, karena diduga telah mencuri

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
zoom-in Rusia Dituding Curi 400 Ribu Ton Gandum Ukraina
Food Navigator
ilustrasi: Pemerintah Ukraina menyebut 'penjarahan' merupakan bagian dari kebijakan negara Rusia, karena diduga telah mencuri sekitar 400.000 ton gandum di wilayah Ukraina yang diduduki sementara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, WINA - Pemerintah Ukraina menyebut 'penjarahan' merupakan bagian dari kebijakan negara Rusia, karena diduga telah mencuri sekitar 400.000 ton gandum di wilayah Ukraina yang diduduki sementara.

Bahkan tentara Rusia diklaim membawa barang-barang dari rumah-rumah pribadi warga Ukraina.

"Rusia telah mencuri sekitar 400 ribu ton gandum dari wilayah pendudukan, terutama dari wilayah Kherson. Jadi, haruskah saat ini kita terkejut mengetahui tentang tentara Rusia yang menjarah rumah-rumah Ukraina dan bahkan mencuri mangkuk toilet? Jelas, penjarahan dan penghancuran adalah bagian dari kebijakan negara Rusia," kata Duta Besar Yevhenii Tsymbaliuk, Perwakilan Tetap Ukraina untuk Organisasi Internasional di Wina, Austria.

Baca juga: Nasib Warga Sipil di Komplek Pabrik Baja Azovstal, Disebut Jadi Propaganda Ukraina

Pernyataan ini ia sampaikan dalam pertemuan Dewan Permanen OSCE.

Dikutip dari laman Ukrinform, Jumat (6/5/2022), sebelumnya secara paralel, Rusia memberlakukan blokade pengiriman dari pelabuhan Ukraina, rute pengiriman tambang, serta secara metodis menghancurkan atau mencuri peralatan pertanian.

Di Rubizhne, wilayah Lugansk, Rusia diklaim menghancurkan sepenuhnya kompleks elevator modern yang dibangun pada 2020, yang dapat menyimpan 30.000 ton biji-bijian.

BERITA TERKAIT

Tsymbaliuk menambahkan bahwa pengambilalihan tanaman dari petani adalah 'kenang-kenangan' yamg ditinggalkan kebijakan kriminal pemerintah Soviet yang bertanggung jawab atas kelaparan buatan massal di Ukraina pada 1921 hingga 1923, Holodomor pada 1932 hingga 1933, dan kelaparan buatan massal pada 1946 hingga 1947.

Baca juga: Hingga Kini, Australia Telah Beri Bantuan 173 Juta Dolar AS ke Ukraina

"Rusia mengikuti jejak kaum Stalinis dengan mencuri gandum. Tentu saja, banyak orang akan menganggap terulangnya kelaparan sebagai sesuatu yang sulit dipercaya di Eropa modern. Namun, Rusia saat ini tidak hanya mengikuti tradisi terburuk Stalinis," tegas Tsymbaliuk.

Ia kembali menegaskan, Rusia telah terjebak dalam omong kosong yang bertujuan untuk membenarkan agresi barbarnya terhadap Ukraina.

"Dengan serangan anti-Semitnya baru-baru ini, Menteri (Luar Negeri Rusia) Sergei Lavrov tidak hanya mempertanyakan keberadaan Ukraina, namun juga Holocaust. Lavrov sengaja menghina ingatan jutaan orang Yahudi yang tewas di tangan Nazi selama Perang Dunia II," papar Tsymbaliuk.

Perlu diketahui, sejak 24 Februari lalu, Rusia meluncurkan invasi skala penuhnya ke Ukraina.

Militer Rusia pun sejak saat itu telah melepaskan teror massal di wilayah yang diduduki sementara, menjarah dan menghancurkan segala sesuatu yang ada di jalan yang mereka lewati.

Bahkan ada laporan bahwa mereka melakukan pencurian toilet dari rumah warga Ukraina.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas