Tribun

Rusuh di Amerika Serikat

FBI Tangkap Calon Gubernur Michigan atas Tuduhan Keterlibatan Kerusuhan Capitol 6 Januari

Ryan Kelley ditangkap Kamis pagi (9/6/2022) atas tuduhan pelanggaran ringan terkait keterlibatannya dalam kerusuhan Capitol pada 6 Januari 2021.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in FBI Tangkap Calon Gubernur Michigan atas Tuduhan Keterlibatan Kerusuhan Capitol 6 Januari
CNN
Calon Gubernur Michigan dari Partai Republik Ryan Kelley ditangkap Kamis pagi (9/6/2022) atas tuduhan pelanggaran ringan terkait keterlibatannya dalam kerusuhan Capitol pada 6 Januari 2021, menurut Departemen Kehakiman. 

TRIBUNNEWS.COM - Calon Gubernur Michigan dari Partai Republik, Ryan Kelley, ditangkap Kamis (9/6/2022) atas tuduhan pelanggaran ringan terkait keterlibatannya dalam kerusuhan Capitol pada 6 Januari 2021, menurut Departemen Kehakiman.

Dilansir CNN, Kelley (40) dari Allendale, Michigan, ditangkap di Allendale atas tuduhan "terlibat pelanggaran Capitol 6 Januari 2021," menurut Bill Miller, juru bicara kantor pengacara AS di District of Columbia.

Kelley dibebaskan dengan jaminan pada Kamis (9/6/2022) malam, setelah muncul pertama kali di pengadilan federal di Michigan.

Dia menyapa para pendukungnya di luar gedung pengadilan setelah pembebasannya, mengacungkan jempol dan memeluk, menurut wartawan lokal di tempat kejadian.

Baca juga: Kongres AS: Donald Trump Terlibat dalam Konspirasi Kriminal Serangan Capitol

Baca juga: Ivanka Trump Dua Kali Minta Ayahnya Menyerukan Penghentian Kekerasan di Gedung Capitol

Ryan Kelley, calon Gubernur dari Partai Republik,
(FILES) Dalam file foto yang diambil pada 15 Mei 2021, Ryan Kelley, calon Gubernur dari Partai Republik, menghadiri Freedom Rally untuk mendukung hak Amandemen Pertama dan untuk memprotes Gubernur Gretchen Whitmer, di luar Gedung Kongres Michigan di Lansing, Michigan. FBI menangkap Kelley, calon gubernur terkemuka dari Partai Republik, 9 Juni 2022, di Michigan dengan tuduhan berpartisipasi dalam serangan 6 Januari 2021 di US Capitol oleh para pendukung presiden saat itu Donald Trump. Departemen Kehakiman mengatakan Kelley mengambil bagian dalam serangan kekerasan di Capitol yang bertujuan untuk menghentikan sertifikasi kemenangan Demokrat Joe Biden atas Trump dalam pemilihan presiden dua bulan sebelumnya.

Rumah Kelley digeledah

Kantor lapangan FBI Detroit mengkonfirmasi penangkapan Kelley dan mengatakan rumahnya telah digeledah pada Kamis pagi.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa agen FBI dari kantor Grand Rapids telah melakukan penangkapan dan penggeledahan di kediaman Tuan Kelley di Allendale, MI," kata Mara Schneider , seorang pejabat urusan masyarakat dengan kantor FBI di Detroit, dalam sebuah pernyataan tertulis.

"Saat ini, saya tidak dapat memberikan informasi apa pun tentang sifat dakwaan terhadap Tuan Kelley," terang pernyataan itu.

Pernyatan itu juga mengatakan bahwa informasi tambahan "akan datang."

Baca juga: Mahkamah Agung AS Tolak Permohonan Trump Agar Catatan Kerusuhan di Gedung Capitol Diblokir

Baca juga: Kronologi Serangan Capitol 6 Januari 2021: Pendukung Donald Trump Ganggu Pengesahan Hasil Pilpers

Partai Republik Ryan Kelley
Calon Gubernur Michigan dari Partai Republik Ryan Kelley ditangkap Kamis pagi (9/6/2022) atas tuduhan pelanggaran ringan terkait keterlibatannya dalam kerusuhan Capitol pada 6 Januari 2021, menurut Departemen Kehakiman.

Menentang penguncian dan mandat vaksin Covid-19

Pada tahun 2020, Kelley, seorang pialang real estat, mulai memimpin demonstrasi menentang penguncian dan mandat Covid-19 di Michigan, menurut situs webnya .

Dia mengaku memimpin demonstrasi menentang pembatasan Covid di Capitol negara bagian di Lansing dan di Grand Rapids.

Kandidat gubernur menambahkan bahwa dia "menjaga Patung Perang Saudara di kota kelahirannya Allendale" selama protes di musim panas 2020.

Sebuah lapangan ramai dari Partai Republik berebut untuk menghadapi Gubernur Demokrat Gretchen Whitmer dalam apa yang akan menjadi salah satu kampanye bangsa yang paling diawasi ketat musim gugur ini.

Penangkapan Kelley menambahkan putaran lain ke pertarungan utama Partai Republik yang sudah kacau balau.

Itu terjadi setelah di awal bulan ini Pengadilan Banding Michigan menolak upaya dua calon gubernur dari Partai Republik agar nama mereka ditempatkan pada pemungutan suara utama Agustus.

Berita lain terkait dengan Rusuh di Amerika Serikat

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas