Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kapal Kombatan Jepang Ikut Latihan Gabungan Terbesar Rimpac di Hawai

Kapal kombatan Izumo yang dilengkapi helikopter milik JMSDF berangkat dari Pangkalan Yokosuka (Kota Yokosuka), pada Senin lalu.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Kapal Kombatan Jepang Ikut Latihan Gabungan Terbesar Rimpac di Hawai
Foto Kanagawa Shimbun
Izumo, kapal kombatan terbesar Jepang yang pernah ke Indonesia di masa lampau. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kapal kombatan terbesar Jepang, Izumo ikut latihan gabungan (latgab) terbesar di Hawaii dan California Selatan mulai tanggal 29 Juni 2022 mendatang.

Kapal kombatan Izumo yang dilengkapi helikopter milik Pasukan Bela Diri Maritim (JMSDF) ini berangkat dari Pangkalan Yokosuka (Kota Yokosuka), pelabuhan asal, Senin (13/6/2022) sekitar pukul 10 pagi.

Kapal kombatan adalah kapal perang bersenjata yang lazim dimiliki oleh angkatan laut yang digunakan untuk pertempuran langsung di lautan.

"Berlayar bersama dengan kapal pengawal "Takanami", Izumo akan berpartisipasi dalam "Rimpac", latihan terbesar di dunia, yang akan diadakan di perairan sekitar Hawaii dan California Selatan mulai tanggal 29 Juni 2022," papar sumber Tribunnews.com, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Menteri Pertahanan Jepang Persiapkan Kapal Induk Izumo, Antisipasi Kecemasan Rakyat terhadap China

Paket rim disponsori oleh Angkatan Laut AS dan dimulai pada tahun 1971, dan ini adalah yang ke-28 kalinya.

Latihan gabungan akan diadakan hingga 4 Agustus 2022, dan sekitar 25.000 orang akan berpartisipasi, termasuk 42 kapal permukaan dan kapal selam dan lebih dari 170 pesawat dari 26 negara termasuk Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Prancis dan Australia, serta Korea Selatan, Indonesia dan Chili.

BERITA TERKAIT

Latihan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antar negara melalui pelatihan yang mengasumsikan pertempuran dan tanggap bencana.

JMSDF juga akan berpartisipasi dalam satu pesawat patroli P1 dan satu kapal selam di Pangkalan Atsugi (Yamato, Kota Ayase).

Di Taman Verny (Kota Yokosuka) dekat Pangkalan Yokosuka, ada pula kelompok warga yang menentang untuk berpartisipasi dalam pelatihan dan kelompok sayap kanan yang lupa meninggalkan pelabuhan berkumpul pada tanggal 13 Juni lalu.

Senin (1/5/2017) siang, kapal induk pengangkut helikopter, Izumo, dipastikan telah bergabung dengan kapal pemasok AS di lepas pantai Provinsi Chiba, dekat Tokyo.
Senin (1/5/2017) siang, kapal induk pengangkut helikopter, Izumo, dipastikan telah bergabung dengan kapal pemasok AS di lepas pantai Provinsi Chiba, dekat Tokyo. (AP)

Anggota kelompok sayap kanan mencoba masuk ke kelompok sipil dan dihentikan sementara oleh polisi anti huru hara polisi Prefektur Kanagawa.

Izumo memiliki panjang total 248 meter dan perpindahan standar 19.500 ton, yang merupakan yang terbesar di antara kapal JMSDF.

Kapal ini dibangun sebagai kapal pengawal yang memiliki helikopter, tetapi saat ini sedang menjalani renovasi bertahap bersama dengan kapal jenis yang sama "Kaga" untuk menjadi kapal induk mini.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif.

Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas