Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Putin Kunjungi Iran, Pertama Kali Sejak Invasi Rusia ke Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengunjungi Teheran untuk melakukan pembicaraan dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Putin Kunjungi Iran, Pertama Kali Sejak Invasi Rusia ke Ukraina
Mikhail Metzel / SPUTNIK / AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin bersulang. Putin mengunjungi Teheran untuk melakukan pembicaraan dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Selasa (19/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAPresiden Rusia Vladimir Putin akan mengunjungi Teheran untuk melakukan pembicaraan dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada Selasa (19/7/2022).

Kunjungan ini merupakan perjalanan pertama pemimpin Kremlin di luar bekas Uni Soviet sejak invasi Moskow ke Ukraina pada 24 Februari lalu.

Dikutip dari Reuters, Putin mengatakan, Rusia kini berpaling dari Barat ke China, India dan Iran.

Ia menganggap upaya Barat untuk melumpuhkan ekonomi Rusia dengan menjatuhkan sanksi terberat dalam sejarah modern itu sebagai deklarasi perang ekonomi.

Kunjungan Putin dilakukan hanya tiga hari selang Presiden Amerika Serikat Joe Biden merampungkan kunjungannya ke Arab Saudi.

“Komunikasi dengan Khamenei sangatlah penting,” kata penasihat kebijakan luar negeri Putin, Yuri Ushakov, kepada wartawan di Moskow. “Dialog yang penuh rasa percaya di antara mereka telah berkembang pada isu-isu paling penting dalam agenda bilateral dan internasional,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI

Putin baru melakukan sedikit perjalanan ke luar negeri dalam beberapa tahun terakhir akibat pandemi COVID-19 dan krisis yang dipicu oleh invasinya ke Ukraina.

Baca juga: Putin Akan Bertolak ke Iran Untuk Bahas Ekspor Gandum Ukraina

Perjalanan luar negerinya yang terakhirnya ke China, yang dilakukan pada Februari lalu.

Putin menjadikan kunjungan ke Iran sebagai perjalanan luar negeri pertamanya sejak perang di Ukraina.

Putin mengirimkan pesan yang jelas kepada Barat bahwa Rusia akan berusaha membangun hubungan dengan Iran, musuh AS sejak Revolusi 1979.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas