Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nancy Pelosi Diperkirakan Terbang ke Taiwan Hari Ini, Jet Tempur dan Kapal Perang China Mendekat

Ketua Kongres Amerika Serikat Nancy Pelosi dilaporkan akan mengunjungi Taiwan hari ini, Selasa (2/8/2022).

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Nancy Pelosi Diperkirakan Terbang ke Taiwan Hari Ini, Jet Tempur dan Kapal Perang China Mendekat
AFP/MANDEL NGAN
Ketua Kongres Amerika Serikat Nancy Pelosi dilaporkan akan mengunjungi Taiwan hari ini, Selasa (2/8/2022). (Photo by MANDEL NGAN/AFP) 

 
Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, TAIPE - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dilaporkan akan mengunjungi Taiwan hari ini, Selasa (2/8/2022).

Pada saat yang sama, China memperingatkan militernya tidak akan tinggal diam jika Pelosi mengunjungi Taiwan, yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya.

Menurut sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan Pelosi, yang memulai tur kunjungan Asia ke Singapura pada Senin (1/8/2022) kemarin, akan tiba di Taiwan malam ini. 

Dilansir Reuters, beberapa pesawat tempur China terlihat terbang di dekat Selat Taiwan pada Selasa pagi, ketika ketegangan meningkat di tengah kabar Nancy Pelosi yang akan mengunjungi Taiwan siang ini.

Seorang sumber melaporkan kapal perang China terlihat berada di dekat garis median Selat Taiwan sejak Senin kemarin, dan menambahkan Taiwan telah mengirim pesawat untuk memantau situasi di sana.

Baca juga: Nancy Pelosi Tiba di Singapura, Bursa Saham Taiwan Langsung Melemah

Sumber tersebut menambahkan, kapal perang dan pesawat China telah mendekati garis median Selat Taiwan pagi ini, yang digambarkan sumber tersebut sebagai sebuah langkah yang sangat provokatif.

Pesawat China bahkan dilaporkan berulang kali melakukan gerakan taktis dengan singkat untuk "menyentuh" garis median pada Selasa pagi dan berputar kembali ke sisi lain Selat Taiwan, sementara pesawat Taiwan bersiaga di dekat garis tersebut. 

BERITA TERKAIT

China mengklaim Taiwan adalah bagian dari wilayahnya, dan meningkatkan tekanan baik secara militer maupun politik untuk memaksa Taiwan menerima pemerintahan Beijing. Taiwan menolak klaim tersebut dan bersumpah untuk membela diri.

Baca juga: Pelosi Diperkirakan akan Kunjungi Taiwan, Mengapa Perjalanannya Berpotensi Picu Ketegangan AS-China?

Di tengah spekulasi luas mengenai kabar kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan, kantor DPR AS pada hari Minggu (31/7/2022) lalu mengatakan Pelosi akan memimpin delegasi kongres AS dalam kunjungan ke Asia yang mencakup Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang, tanpa menyebut Taiwan sama sekali.

Salah satu sumber mengatakan ke Reuters, AS telah memberi tahu beberapa sekutunya mengenai kunjungan Pelosi ke Taiwan.

Dua sumber lainnya mengatakan, selama Nancy Pelosi berada di Taiwan, ia kemungkinan akan bertemu dengan kelompok kecil aktivis yang akan memberikan catatan hak asasi manusia China pada Rabu (3/8/2022) besok.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian memperingatkan pada Senin lalu, jika Pelosi benar mengunjungi Taiwan maka AS akan mendapat konsekuensi yang cukup serius.

Baca juga: Nancy Pelosi Tur ke Asia, Militer AS Kerahkan Pesawat dan Kapal Lebih Dekat ke Taiwan

“Kami ingin memberi tahu Amerika Serikat sekali lagi bahwa China berdiri, Tentara Pembebasan Rakyat China tidak akan pernah tinggal diam, dan China akan mengambil tanggapan tegas dan tindakan balasan yang kuat untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas teritorialnya,” kata Zhao.

China memandang kunjungan pejabat AS ke Taiwan sebagai sinyal yang menggembirakan bagi kelompok pro-kemerdekaan Taiwan. Sementara AS tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan, namun terikat dengan hukum untuk memberikan Taiwan sarana untuk mempertahankan diri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas