Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kecam Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan, Korea Utara Anggap AS Campuri Internal China

Sebelumnya, China telah melarang kunjungan Pelosi ke Taiwan, yang disebutnya sebagai ancaman bagi perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kecam Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan, Korea Utara Anggap AS Campuri Internal China
EPA/BBC
Ketua Kongres Amerika Serikat Nancy Pelosi. Kementerian Luar Negeri Korea Utara pada hari Rabu (3/8/2022) mengkritik apa yang disebutnya sebagai "campur tangan tidak bijaksana" Amerika Serikat dalam urusan internal China atas kunjungan KPelosi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL – Kementerian Luar Negeri Korea Utara pada hari Rabu (3/8/2022) mengkritik apa yang disebutnya sebagai "campur tangan tidak bijaksana" Amerika Serikat dalam urusan internal China atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Pelosi tiba di Taiwan pada Selasa (2/8) malam waktu setempat dalam sebuah perjalanan yang menunjukkan komitmen kuat AS terhadap pulau yang diklaim China tersebut.

Sebelumnya, China telah melarang kunjungan Pelosi ke Taiwan, yang disebutnya sebagai ancaman bagi perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Baca juga: China Tingkatkan Tekanan Militer dan Ekonomi di Taiwan Saat Nancy Pelosi Memulai Kunjungannya

Dilansir dari Reuters, Rabu (3/8/2022) seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan bahwa mereka dengan keras mencela campur tangan kekuatan eksternal dalam masalah Taiwan dan mendukung penuh China.

"Adalah hak negara berdaulat untuk mengambil tindakan balasan terhadap gerakan kekuatan luar yang secara terbuka mencampuri urusan dalam negerinya dan menghancurkan integritas teritorialnya," kata pejabat yang tidak disebutkan namanya oleh kantor berita Korea Utara.

China Tingkatkan Tekanan Militer dan Ekonomi ke Taiwan Saat Kunjungan Pelosi

BERITA REKOMENDASI

Pada hari Selasa (2/8), China dilaporkan memberlakukan larangan impor baru untuk lebih dari 100 produk Taiwan, sebagai upaya nyata untuk membebankan biaya ekonomi di Taipei atas perannya dalam kunjungan penting Pelosi.

Ketika kunjungan Pelosi semakin dekat, Tentara Pembebasan Rakyat mengerahkan jet tempur ke Selat Taiwan yang terbang sangat dekat dengan garis tengah selat, yang jarang dilintasi.

Baca juga: Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan Bikin Indeks S&P 500, Dow dan Nasdaq Kompak Merosot

Saat Pelosi mendarat di Taiwan pada Selasa (2/8) malam, media yang berafiliasi dengan pemerintah China mengumumkan bahwa latihan menembak langsung dalam jumlah besar akan dilakukan selama akhir pekan mendatang, terutama setelah Pelosi meninggalkan daerah itu.

Ketegangan antara China dan AS

Pekan lalu, ketegangan antara China dan AS mulai meningkat karena adanya laporan bahwa Pelosi akan mengunjungi Taiwan.

Mengutip dari Aljazeera, ketegangan itu semakin menguat ketika Presiden China Xi Jinping memperingatkan Presiden AS Joe Biden agar “tidak ikut campur” atas Taiwan.

Gedung Putih lalu memberikan pernyataan bahwa kebijakan AS tidak berubah dan Washington sangat menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo atau merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Sementara itu, Biden mengatakan bahwa pembicaraan yang dia lakukan dengan Xi Jinping memiliki tujuan untuk menemukan cara baru agar dapat bekerja sama dengan China di tengah meningkatnya persaingan global dan ketegangan antara kedua negara mengenai hak asasi manusia, kesehatan global dan kebijakan ekonomi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas