Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kembali Memanas, China Hari Ini Gelar Latihan Perang Lagi di Perairan Taiwan

Hari ini China mengatakan kembali menggelar latihan militer baru di sekitar perairan Taiwan

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kembali Memanas, China Hari Ini Gelar Latihan Perang Lagi di Perairan Taiwan
Fox News
Hari ini China mengatakan kembali menggelar latihan militer baru di sekitar perairan Taiwan, Senin (15/8/2022). Beijing menyebut tindakan tersebut sebagai upaya "pencegahan" terhadap Washington dan Taipei setelah kunjungan delegasi Kongres AS ke pulau itu. 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Militer China terus melakukan provokasi militer di kawasan perairan Taiwan sebagai reaksi keras mereka terhadap kunjungan Ketua Kongres Amerika Serikat Nancy Pelosi ke Taiwan beberapa waktu lalu.

Hari ini China mengatakan kembali menggelar latihan militer baru di sekitar perairan Taiwan, dan Beijing menyebut tindakan tersebut sebagai upaya "pencegahan" terhadap Washington dan Taipei setelah kunjungan delegasi Kongres AS ke pulau itu.

"Pada 15 Agustus, Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China menyelenggarakan patroli kesiapan tempur gabungan multi-layanan dan latihan tempur di wilayah laut dan udara di sekitar Taiwan," sebut militer China dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Channel News Asia.

Bukan kali ini saja militer China melakukan latihan militer di dekat Taiwan. 

Sebelumnya latihan militer besar-besaran mereka gelar di sekitar Taiwan untuk mengungkapkan kemarahannya atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei pada awal Agustus lalu.

Pada Minggu (14/8), delegasi anggota Kongres AS tiba di Taiwan untuk perjalanan dua hari, di mana mereka akan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen, kelompok tingkat tinggi kedua yang mengunjungi Taipe.

Baca juga: Amerika Serikat Bakal Tingkatkan Perdagangan dengan Taiwan Melalui Jalur Laut dan Udara

Kedutaan Besar AS secara de facto di Taipei mengatakan, delegasi tersebut dipimpin Senator Ed Markey, yang didampingi empat anggota parlemen dalam apa yang digambarkan sebagai bagian dari kunjungan yang lebih besar ke kawasan Indo-Pasifik.

Baca juga: Pejabat AS dan China Bahas Pertemuan Biden-Xi Jinping di Tengah Gesekan Taiwan

BERITA REKOMENDASI

"Terutama pada saat China meningkatkan ketegangan di Selat Taiwan dan kawasan dengan latihan militer, Markey memimpin delegasi untuk mengunjungi Taiwan, sekali lagi menunjukkan dukungan kuat Kongres AS untuk Taiwan," sebut Kedutaan Besar AS dalam sebuah pernyataan.

Kantor Kepresidenan Taiwan mengatakan, delegasi Kongres AS bertemu Presiden Tsai pada Senin pagi.

Laporan Reporter: SS. Kurniawan | Sumber: Kontan 

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas