Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Raksasa Minyak China Bukukan Rekor Keuntungan Imbas dari Melonjaknya Harga Bahan Bakar

PetroChina Co., Sinopec dan Cnooc Ltd menghasilkan pendapatan yang cukup besar pada periode Januari hingga Juni, karena lonjakan harga minyak dan gas

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Raksasa Minyak China Bukukan Rekor Keuntungan Imbas dari Melonjaknya Harga Bahan Bakar
LIVETRADINGNEWS
Logo China Petroleum dan Chemical Corp (Sinopec). Raksasa minyak asal China yakni PetroChina Co., Sinopec dan Cnooc Ltd, membukukan rekor keuntungan pada semester pertama tahun ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mikael Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Raksasa minyak asal China yakni PetroChina Co., Sinopec dan Cnooc Ltd, membukukan rekor keuntungan pada semester pertama tahun ini.

Dikutip dari Aljazeera, Senin (29/8/2022) ketiga perusahaan itu masing-masing mengatakan bahwa pihaknya menghasilkan pendapatan yang cukup besar pada periode Januari hingga Juni, karena lonjakan harga minyak dan gas yang mereka hasilkan melebihi biaya impor yang lebih tinggi dan konsumsi bahan bakar domestik yang tersendat.

“Pertumbuhan ekonomi China diperkirakan akan rebound dan tetap dalam kisaran yang wajar,” kata Sinopec pada Minggu (28/8/2022).

Baca juga: Harga Minyak Mentah Melonjak, Arab Saudi Beri Diskon ke Para Importir Asia

“Permintaan domestik untuk produk minyak sulingan dan produk kimia diperkirakan akan meningkat. Selain itu, permintaan gas alam akan tetap tumbuh,” imbuhnya.

Namun, perusahaan memperingatkan bahwa ekonomi global masih akan menghadapi ancaman dari stagflasi dan ketegangan geopolitik, yang terakhir kemungkinan akan membuat harga energi bergejolak.

Sementara itu, harga minyak global rata-rata tercatat sebesar 105 dolar AS per barel dalam enam bulan pertama, 60 persen lebih tinggi dari periode yang sama pada tahun 2021, sehingga memberikan keuntungan kepada produsen minyak.

Baca juga: Pemerintah Malaysia Umumkan Penurunan Harga Bahan Bakar Minyak

BERITA TERKAIT

Di sisi lain, ketiga perusahaan itu juga meningkatkan belanja modal selama enam bulan pertama, di mana PetroChina dan Sinopec mengharapkan percepatan tajam dalam pengeluaran di paruh kedua karena mereka berusaha untuk terus meningkatkan produksi minyak dan gas untuk membantu memenuhi kebutuhan keamanan energi China.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas