Tribun

Gempa Bermagnitudo 7,6 Guncang Papua Nugini, Belum Ada Laporan Korban

Gempa berkekuata 7.6 magnitudo tersebut dilaporkan merusak sejumlah bangunan, namunn belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Gempa Bermagnitudo 7,6 Guncang Papua Nugini, Belum Ada Laporan Korban
EarthquakeUSGS.gov
Gempa bumi mengguncang negara Papua Nugini di sebelah timur Papua pada Minggu (10/9/2022). 

TRIBUNNEWS.COM – Gempa bumi mengguncang negara Papua Nugini di sebelah timur Papua pada Minggu (10/9/2022).

Gempa berkekuata 7.6 magnitudo tersebut dilaporkan merusak sejumlah bangunan, namunn belum ada laporan mengenai korban jiwa.

Gempa itu berada pada kedalaman 80 km (49,7 mil) kata Pusat Seismologi Mediterania Eropa.

Sistem peringatan tsunami AS mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa tetapi kemudian mengatakan bahwa ancaman itu telah berlalu.

Earthquake USGS.gov menyebutkan, gempa tersebut terjadi sebagai akibat dari sesar normal pada kedalaman sekitar 90 km di bawah timur Papua Nugini, dekat tepi utara lempeng Australia.

Diterangkan bahwa patahan terjadi pada sesar mendatar ke timur dengan kemiringan curam atau sesar mendatar dangkal yang mendatar ke barat laut.

Baca juga: Pasca Gempa Warga Sikabaluan Berbondong-bondong Menuju Tempat Pengungsian di Daerah Perbukitan

Di lokasi gempa, lempeng Australia bergerak ke arah timur-timur laut relatif terhadap lempeng Pasifik dengan kecepatan sekitar 100 mm/tahun.

Gempa bumi di wilayah geografis ini umumnya terkait dengan konvergensi skala besar dari dua lempeng utama ini dan dengan interaksi kompleks dari beberapa lempeng mikro yang terkait, terutama lempeng Bismarck Selatan, lempeng mikro Laut Solomon, dan lempeng Woodlark.

Papua Nugini mengalami tingkat aktivitas seismik yang tinggi, dengan 78 peristiwa M 6+ terjadi dalam jarak 250 km dari peristiwa 10 September 2022, dalam 50 tahun sebelumnya.

Dari jumlah tersebut, 31 terjadi dalam jarak 100 km. Pada tahun 1989, gempa bumi berkekuatan M 7.1 terjadi sekitar 25 km dari peristiwa 10 September 2022.

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas