Tribun

Konflik Rusia Vs Ukraina

Elon Musk Balas Kritikan Aktivis Anti-Kremlin Soal Kontribusi untuk Perdamaian Ukraina

Elon Musk mengusulkan untuk mengadakan referendum baru yang diawasi PBB di bekas wilayah Ukraina yang saat ini dimasukkan jadi wilayah Rusia.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Elon Musk Balas Kritikan Aktivis Anti-Kremlin Soal Kontribusi untuk Perdamaian Ukraina
Mashable India
Elon Musk mengusulkan untuk mengadakan referendum baru di Ukraina yang diawasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di bekas wilayah Ukraina yang saat ini dimasukkan ke dalam Rusia. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, MOSKWA - Kritikus veteran Kremlin Garry Kasparov menuliskan cuitannya di Twitter untuk mengambil bagian dalam 'perang besar-besaran' yang dipicu oleh rencana perdamaian kontroversial Ukraina yang dilontarkan oleh CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk.

Upaya pemberian sinyal kebajikan ini pun gagal setelah Elon Musk membalas dan bertanya-tanya tentang langkah konkret apa sebenarnya yang telah dilakukan Garry Kasparov sendiri terkait situasi di Ukraina, selain hanya menuliskan cuitan di Twitter.

Dikutip dari Russia Today, Rabu (5/10/2022), Musk menyampaikan rencana perdamaiannya pada Senin lalu, mengusulkan untuk mengadakan referendum baru yang diawasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di bekas wilayah Ukraina yang saat ini dimasukkan ke dalam Rusia.

Ukraina juga harus melepaskan klaimnya atas Krimea, yang memisahkan diri dari negara itu pada 2014, serta memastikan pasokan air yang stabil ke semenanjung itu dan menyatakan dirinya sebagai negara yang netral.

Menariknya, rencana tersebut justru memicu kemarahan para pejabat Ukraina, pendukung Ukraina dan berbagai penentang Rusia.

Satu diantaranya adalah juara catur yang berubah menjadi aktivis politik Kasparov yang menuduh miliarder itu menyebarkan 'propaganda Kremlin'.

Baca juga: Berbeda dengan Zelensky, Rusia Sambut Baik Gagasan Damai Elon Musk Terkait Perang di Ukraina

"Ini adalah kebodohan moral, pengulangan propaganda Kremlin, pengkhianatan terhadap keberanian dan pengorbanan Ukraina, dan meluangkan beberapa menit untuk menjelajahi Krimea di Wikipedia tentang realitas mengerikan saat ini dari perang berdarah (Vladimir) Putin," tegas Kasparov.

Elon Musk kemudian membalas, ia menunjuk pada dukungannya yang terus-menerus terhadap Ukraina dan pada sumbangan terminal Starlink SpaceX ke Ukraina.

"Kami memberikan Starlinks ke Ukraina dan kehilangan 80 juta dolar AS (Amerika Serikat)," kata Elon Musk.

Baca juga: Elon Musk Terlibat Keributan dengan Zelensky Terkait Gagasan Rencana Damai Rusia dan Ukraina

Ia bahkan menyebut langkah itu menempatkan perusahaan dan dirinya sendiri 'dalam risiko serius serangan siber Rusia'.

Miliarder tersebut kemudian melontarkan pertanyaan pada Kasparov tentang apa yang sebenarnya telah ia lakukan untuk Ukraina.

Garry Kasparov secara terampil menghindari pertanyaan itu dan mengulangi klaim 'propaganda Kremlin' nya.

Namun, langkah mulus penyangkalannya itu tidak membuat aktivis anti-Kremlin tersebut dicemooh sejumlah pengguna.

Baca juga: Channel YouTube Pemerintah Korea Selatan Diretas, Tampilkan Video Kripto Elon Musk  

"Dan saya memuji anda seperti yang dilakukan banyak orang untuk tindakan itu. Tetapi haruskah perbuatan baik membeli kekebalan untuk perbuatan buruk di kemudian hari, atau haruskah setiap tindakan dan pernyataan dinilai berdasarkan manfaatnya? Haruskah orang Ukraina yang berterima kasih kepada anda untuk Starlink ketika anda menyebarkan poin pembicaraan Kremlin terhadap mereka?," kata Kasparov.

Sebelumnya, Elon Musk mengirimkan ratusan terminal Starlink ke Ukraina pada awal konflik.

Namun saat tujuan pengiriman tersebut dinyatakan menjadi bagian dari 'misi kemanusiaan', Ukraina sejak saat itu mengakui menggunakannya untuk tujuan perang, sementara pasukan Rusia mengklaim telah merebut beberapa unit Starlink dari pasukan Ukraina.

Wiki Terkait

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas