Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

JBIC Jepang Perkuat Kemitraan dengan PT Pertamina

Japan Bank for International Cooperation (JBIC) atau Bank kerjasama internasional semakin memperkuat kemitraan dengan PT Pertamina.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in JBIC Jepang Perkuat Kemitraan dengan PT Pertamina
Istimewa
Japan Bank for International Corporation (JBIC). Japan Bank for International Cooperation (JBIC) atau Bank kerjasama internasional semakin memperkuat kemitraan dengan PT Pertamina. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Japan Bank for International Cooperation (JBIC) atau Bank kerjasama internasional semakin memperkuat kemitraan dengan PT Pertamina sesuai dengan nota kesepahaman yang ditandatangani bersama dengan PT Pertamina tanggal 13 November lalu.

"Pertamina, perusahaan minyak milik negara Indonesia, fokus pada bisnis baru yang ditujukan untuk mewujudkan masyarakat yang terdekarbonisasi, termasuk sektor energi bersih, sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2060 atau sebelumnya," papar sumber Tribunnews.com, Kamis (17/11/2022).

Baca juga: Pertemuan Airlangga dan Gubernur JBIC Diharapkan Berdampak Positif Bagi Pertumbuhan Ekonomi RI

Memorandum ini bertujuan untuk mempromosikan kolaborasi antara Pertamina dan perusahaan Jepang di Indonesia dengan memperkuat hubungan kerja sama antara JBIC dan Pertamina di bidang-bidang seperti bisnis rantai nilai energi terbarukan, hidrogen dan amoniak, CCS, dan mobilitas hijau.

Indonesia, sebagai Presidensi G20 tahun 2022, telah menetapkan target pengurangan sukarela yang diajukan ke Sekretariat Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim pada bulan September 2022 untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) setidaknya sebesar 31,89 persen pada tahun 2030 (BaU).

Dan mengumumkan tujuan nasional untuk mencapai netralitas karbon pada tahun 2060 pada waktu COP26.

Pimpinan bank kerja sama internasional Jepang (JBIC) dan delegasi Indonesia di bagian kanan di kantor JBIC.
Pimpinan bank kerja sama internasional Jepang (JBIC) dan delegasi Indonesia di bagian kanan di kantor JBIC. (Istimewa)

Dalam Rencana Pengelolaan Jangka Menengah ke-4 yang diumumkan pada Juni 2021, JBIC telah menetapkan tujuan untuk menanggapi reformasi energi menuju terwujudnya masyarakat yang terdekarbonisasi.

"Pada bulan Oktober 2021, kami mengumumkan kebijakan ESG kami, yang bertujuan untuk mencapai emisi GRK nol bersih untuk diri kami sendiri pada tahun 2030 dan emisi nol GRK bersih untuk portofolio investasi dan pinjaman kami pada tahun 2050 menuju implementasi internasional Perjanjian Paris."

BERITA TERKAIT

"Kami akan mempercepat transisi energi menuju realisasi masyarakat bebas karbon di negara-negara berkembang melalui keterlibatan berkelanjutan dengan pemerintah negara tuan rumah, dan lainnya serta berkontribusi pada realisasi netralitas karbon di seluruh dunia."

Baca juga: Pertamina lakukan dekarbonisasi bisnis dukung penanganan perubahan iklim

"Kesimpulan dari nota kesepahaman ini merupakan inisiatif yang sejalan dengan rencana manajemen jangka menengah dan kebijakan ESG ini," ujarnya.

"Sebagai lembaga keuangan publik Jepang, JBIC akan terus memperkuat hubungannya dengan Indonesia dan Pertamina melalui penandatanganan nota kesepahaman, dan lainnya sehingga memberikan kontribusi finansial dalam menciptakan peluang bisnis dan promosi bisnis bagi perusahaan Jepang di sektor dekarbonisasi Indonesia. Kami akan mendukung hal ini sepenuhnya," paparnya.

Sementara itu untuk info lengkap terkait beasiswa, upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif serta belajar gratis di sekolah bahasa Jepang, silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas